kehamilan

Penyebab Rambut Rontok setelah Melahirkan dan Cara Mengatasinya

Siti Hafadzoh Kamis, 28 Nov 2019 11:22 WIB
Penyebab Rambut Rontok setelah Melahirkan dan Cara Mengatasinya
Jakarta - Sebagian Bunda merasa senang karena rambut jadi tebal dan berkilau saat hamil. Tapi, semuanya berubah setelah melahirkan. Rambut jadi rontok parah setelah melahirkan. Apa ya penyebabnya?

Selama hamil, banyak hormon yang berubah. Nah, salah satu perubahan hormon tersebut ada yang mendorong pertumbuhan rambut. Hormon itu sebenarnya mencegah kerontokan rambut.


Biasanya, setiap hari rambut kita memang akan rontok, Bun. Tapi, ketika hamil umumnya rambut tidak setiap hari rontok.


Nah, setelah melahirkan, hormon kembali normal, terjadi penurunan estrogen. Perubahan hormon ini lah yang memicu kerontokan rambut kembali terjadi.

"Perlu diingat, Anda belum pernah mengalami kerontokan selama beberapa bulan. Rambut yang menempel di kulit kepala akan rontok," kata Sejal Shah, MD, seorang ahli kulit dikutip dari Parents.

Menurut Shah, biasanya rambut rontok berlangsung sekitar tiga bulan. Itu sebabnya, banyak Bunda yang merasakan kerontokan lebih parah sekitar tiga bulan setelah melahirkan.

Namun, ini adalah proses yang wajar kok, Bun. Enggak ada yang perlu dikhawatirkan. Proses pemulihan dari kerontokan pun beragam, ada yang cepat, ada pula yang lambat.

Penyebab Rambut Rontok setelah Melahirkan dan Cara MengatasinyaIlustrasi rambut rontok/ Foto: iStock

"Kalau Anda mengalami kerontokan setelah melahirkan, itu hal yang normal. Waktu untuk pemulihannya bervariasi. Untuk sebagian orang butuh waktu tiga bulan, sebagian lagi utuh waktu enam bulan. Kadang-kadang bisa satu tahun," ujar Shah.

Dilansir What to Expect dan Parents, ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi rambut rontok setelah melahirkan.

1. Jaga rambut tetap sehat dengan makan makanan yang baik dan terus mengonsumsi suplemen vitamin prenatal.

2. Gunakan sisir dengan gigi jarang untuk menghindari rambut rontok.

3. Jangan gunakan alat pengering atau pengeriting rambut. Hindari pula penggunaan semua perawatan yang berbahan dasar kimia, hingga kerontokan rambut berhenti.

4. Coba potongan rambut baru. Potongan rambut baru mungkin akan membantu membuat rambut terlihat lebih tebal. Tanyakan kepada hair stylish, model apakah yang cocok untuk rambut tipis.

5. Jaga agar rambut tetap lembap dengan menggunakan kondisioner untuk melembapkan rambut setelah menggunakan sampo.

5. Bicara dengan dokter jika rambut rontok berlebihan dan disertai gejala lain.

Semoga tips ini membantu ya untuk Bunda yang rambutnya rontok setelah melahirkan!

Bunda, begini lho batas normal rambut rontok. Simak penjelasannya di video ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi