kehamilan

Lahir dengan Kondisi Langka, Bayi Ini Punya Dua Kepala & Tiga Tangan

Annisa Karnesyia Senin, 02 Dec 2019 15:20 WIB
Lahir dengan Kondisi Langka, Bayi Ini Punya Dua Kepala & Tiga Tangan Ilustrasi bayi kembar/ Foto: iStock
Jakarta - Kelahiran anak pasti menjadi momen yang ditunggu setiap pasangan. Termasuk pasangan asal India, Jaswant Singh dan Babita Ahirwar.

Dikutip dari Metro, keduanya diberitahu jika segera dikaruniai anak kembar. Namun, di usia kehamilan 34 minggu, dokter menemukan sesuatu yang salah di janin Ahirwar.


Singh dan Ahirwar diberi tahu jika hasil USG memperlihatkan bayi kembar siam dengan kondisi yang langka. Saat lahir, bayi mereka benar lahir menjadi kembar siam, dengan satu badan, dua kepala, dua kaki, dan tiga tangan.


"Istri saya pingsan setelah dia melihat bayi itu. Kami terkejut. Kami tidak percaya anak kami memiliki dua kepala," kata Singh.

"Kami diberitahu setelah USG, jika bayi kami kembar. Kami sangat bahagia akan memiliki dua bayi tapi yang kami dapatkan satu bayi dengan dua kepala," sambungnya.

Bayi kembar siam berjenis kelamin laki-laki ini dilahirkan dengan organ dalam yang menempel. Saat ini keduanya sedang menjalani observasi lanjutan di rumah sakit.

Singh dan Ahirwar mungkin terkejut dengan kondisi anak-anaknya. Namun, Singh menegaskan akan merawat dua buah hatinya, apapun kondisinya.

"Ini anakku dan aku akan membesarkannya. Aku bahkan belum menggendongnya di tanganku. Meski banyak orang yang membicarakannya, aku tetap akan membawanya ke rumah," ujar Singh.

Sayangnya, Singh dan sang istri memutuskan untuk tidak melakukan penanganan medis. Masalah biaya menjadi kendala, Bun.

"Aku tidak punya uang untuk operasi. Selama mereka masih hidup, aku akan mencintai dan menjaga mereka," paparnya.

Ilustrasi bayi kembarIlustrasi bayi kembar/ Foto: iStock

Spesialis anak yang merawat bayi kembar ini, Dr.Surendra Sonkar mengatakan, bayi ini akan dipindahkan ke unit lanjutan untuk perawatan. Untuk penanganan operasi, masih harus didiskusikan lagi.

"Ini adalah kasus kembar siam. Kami merawat bayi ini dan meminta pendapat dokter ahli di Bhopal dan Dehli, yang sebelumnya pernah melakukan operasi pada anak-anak," kata Sonkar.

Operasi pemisahan kembar siam memang berbeda pada beberapa kasus. Menurut perawat dan bidan di Michigan, Chaunie Brusie, RN, beberapa bayi kembar siam mungkin mengalami gangguan pencernaan dan sistem peredaran darah yang ditanggung bersama-sama.

"Semakin rumit sistem tubuh yang berpengaruh, semakin sulit operasi dilakukan," ujar Brusie, dikutip dari Very Well Health.

Output operasi bayi kembar siam tergantung dari bagaimana dan di mana organ kedua bayi menempel. Sayangnya, dokter belum bisa melakukan tindakan dan memutuskan jenis operasi sebelum bayi lahir, meski sudah diketahui kelainan saat hamil.

Lahir dengan Kondisi Langka, Bayi ini Punya Dua Kepala & Tiga Tangan

Simak juga fakta dan mitos seputar anak kembar di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]




(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi