Sign Up search


kehamilan

4 Cara Mencegah Stretch Mark Payudara Saat Hamil

Siti Hafadzoh Sabtu, 01 Feb 2020 14:52 WIB
4 Cara Mencegah Stretch Mark Payudara Saat Hamil caption
Jakarta - Beberapa ibu hamil memiliki stretch mark pada bagian-bagian tubuh, termasuk payudara. Stretch mark ini sering menjadi masalah bagi para ibu hamil.

Stretch marks merupakan masalah kulit yang paling umum dialami selama kehamilan. Dikutip dari Healthline, stretch mark disebabkan oleh kombinasi antara perenggangan kulit dan perubahan hormon yang berdampak pada elastisitasnya.


Kulit perlu menyesuaikan dengan pertumbuhan tubuh. Ketika tubuh berkembang lebih cepat daripada kulit yang menutupinya, kulit akan terluka. Bekas luka yang dihasilkan ini lah yang dikenal dengan stretch mark.


Perubahan hormon ketika hamil dapat menjadi penyebab stretch mark masih menjadi perdebatan di antara para ahli. Dikutip dari American Pregnancy, hormon-hormon tersebut menarik lebih banyak air ke dalam kulit. Sehingga, ikatan serat kolagen tidak lagi erat. Ini membuatnya lebih mudah luka ketika terjadi perenggangan.

Lebih dari 90 persen wanita mengalami stretch mark ketika memasuki trimester ketiga kehamilan. Biasanya, stretch mark muncul di payudara dan abdomen.

Stretch mark terjadi ketika ukuran payudara membesar, Bun. Ketika hamil, ukuranĀ payudara akan membesar secara cepat.

"Pertumbuhan payudara dalam kehamilan mungkin cepat selama minggu-minggu awal atau ukurannya dapat meningkat secara bertahap," kata Dr Jacqualine Kent, peneliti laktasi di University of Australia dikutip dari Medela.

4 Cara Mencegah Stretch Mark Payudara Saat HamilIlustrasi ibu hamil/ Foto: iStock

Namun, pertumbuhan ukuran payudara ini berbeda-beda setiap wanita. Bahkan ada yang ukuran payudaranya tidak tumbuh sepanjang kehamilan.

"Tapi, jika Anda bertanya-tanya berapa pertumbuhan payudara selama kehamilan. Pada saat ada ASI, payudara mungkin akan tumbuh satu setengah kali lebih besar dibanding sebelum hamil," ujar Kent.

Stretch mark ketika hamil juga dapat menyebabkan rasa gatal pada payudara. Bunda bisa menggunakan moisturizer untuk melembabkan dan menenangkan kulit yang gatal akibat stretch mark.

Bunda dapat melakukan perawatan sendiri di rumah untuk mengatasi stretch mark pada payudara. Perawatan yang dapat dilakukan adalah:

1. Memijat

Memijat dapat meningkatkan aliran darah dan produksi kolagen. Ini dapat membantu stretch mark memudar.

2. Eksfoliasi

Gunakan eksfoliator yang lembut, seperti scrub yang tidak kasar. Eksfoliasi akan mempercepat proses produksi kolagen. Pastikan produk exfoliator yang Bunda gunakan aman untuk ibu hamil.

3. Natural oil

Dikutip dari Parent Prime, natural oil atau minyak alami kaya akan vitamin E yang dapat membantu memudarkan stretch mark. Ada berbagai pilihan natural oil yang dijual di pasaran, seperti minyak zaitun dan almond.


4. Lidah buaya

Lidah buaya yang sudah berbentuk gel dapat menjadi salah satu pilihan nih, Bun. Gel lidah buaya dapat membantu memudarkan stretch mark sekaligus membuat kulit semakin sehat.

Semoga membantu!

Bunda, simak tips cepat hamil ala dr Reisa Brotoasmoro berikut ini yuk:

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi