Sign Up search


kehamilan

Perubahan Payudara Saat Bunda Hamil Satu Minggu

Ratih Wulan Pinandu Senin, 27 Jan 2020 18:15 WIB
Perubahan Payudara Saat Bunda Hamil Satu Minggu caption
Jakarta - Bentuk payudara akan mengalami perubahan ketika Bunda hamil. Mulai dari satu minggu setelah pembuahan, fluktuasi hormon akan membuat payudara bengkak dan membesar hingga waktu kelahiran tiba.

Nyeri payudara menjadi salah satu tanda-tanda kehamilan yang paling mudah disadari, Bun. Mengutip Heath Line, kehamilan memengaruhi kadar hormon esterogen dan progesteron dalam tubuh.


Hormon ini memainkan peranan penting dalam menyiapkan payudara untuk menyusui. Serta bertanggung jawab atas banyak perubahan yang mungkin Bunda alami.


Estrogen merangsang pertumbuhan sel-sel saluran payudara dan menghasilkan sekresi prolakin, hormon lain. Prolaktin merangsang pembesaran payudara dan produksi ASI. Sedangkan progesteron mendukung pembentukan dan pertumbuhan sel penghasil susu dalam kelenjar payudara.

"Sejak awal kehamilan, hormon mulai berputar di payudara Bunda agar siap menyusui," ungkap Mary Jane Minkin, MD, profesor klinis kebidanan dan kandungan di Yale University School of Medicine dan penulis buku A Woman's Guide to Sexual Health, dilansir Parents.

Menurut US Department of Health and Human Services, Bunda yang hamil akan mengalami payudara sakit, berat dan mungkin nyeri pada 1 - 2 minggu setelah pembuahan.

Perubahan Payudara yang Mulai Terasa Saat Bunda Hamil Satu MingguBentuk payudara saat hamil satu minggu/Foto: iStock

Melansir dari Medical News Today, puting payudara ibu hamil juga akan terasa sakit dan dan terasa sensitif jika disentuh. Perubahan ini terjadi karena naiknya kadar hormon dalam tubuh. Diikuti dengan peningkatan aliran darah ke jaringan payudara.

Ketidaknyamanan di bagian payudara ini akan mereda setelah Bunda melewati beberapa minggu kehamilan. Namun, bisa terasa sakit lagi jelang melahirkan.

Untuk memastikan rasa sakit payudara sebagai tanda kehamilan, periksa beberapa perubahan berikut yuk, Bunda.

Pembesaran

Amati bentuk payudara yang akan membesar satu atau dua cangkir di awal kehamilan. Hal itu normal dialami para Bunda di kehamilan pertamanya. Pertumbuhan ini bisa saja terjadi sejak awal kehamilan dan berlanjut terus.

Pembesaran payudara yang berjalan cepat dapat menyebabkan rasa gatal dan kulit menegang. Payudara biasanya akan bertambah besar saat menyusui.

Urat biru

Volume darah biasanya akan meningkat 50 persen sepanjang kehamilan. Akibatnya, pembuluh darah yang berwarna biru akan muncul di beberapa bagian. Termasuk di kuit payudara dan perut.

Tak perlu bingung, Bunda, karena vena berwarna biru ini diperlukan untuk membawa peningkatan volume darah dan nutrisi ke seluruh tubuh janin yang sedang berkembang.


Bentuk puting

Pada beberapa Bunda, puting payudara bisa mengalami perubahan juga. Bentuknya jadi terlihat lebih menonjol atau keluar. Hal ini akan terus berlanjut hingga trimester kehamilan, Bunda.

Bunda, simak juga penjelasan penyebab puting payudara terasa gatal dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi