sign up SIGN UP search


kehamilan

Normalkah Miss V Terasa Lebih Becek Selama Bunda Hamil?

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 22 Apr 2020 15:31 WIB
beauty pregnant woman smile and think something at home caption
Jakarta - Berbagai perubahan selama hamil menjadi pengalaman baru untuk sebagian Bunda. Tidak saja perut yang semakin membesar, tetapi urusan Miss V pun terasa lebih becek. Hmm, normal enggak sih, Bun?

Melansir Parents, perubahan dalam organ tim selama hamil merupakan hal normal. Termasuk kondisi vagina yang terasa lebih basah selama kehamilan.


"Kehamilan menjadi waktu yang tepat untuk tubuh agar tetap sehat,"ujar Elizabeth G. Stewart, MD, penulis The V Book.


Selama masa kehamilan, tubuh akan mulai mengeluarkan estrogen dan progesteron ekstra yang memicu aliran sekresi vagina jadi lebih berat.

Selain itu, volume darah tubuh akan naik sekira 50 persen selama kehamilan. Sementara itu, sebagian besar cairan dialirkan ke rahim untuk memelihara janin yang sedang tumbuh. Akibatnya, jaringan vagina menjadi penuh darah dan membuat beberapa miss v ibu hamil terasa sedikit bengkak dan lunak.

Normalkah Miss V Terasa Lebih Becek Selama Bunda Hamil?Miss v terasa becek saat hamil/ Foto: iStock

Tak hanya itu, aliran darah ke organ reproduksi dan vagina juga dapat memperburuk keputihan. Bahkan, keputihan juga bisa terasa seperti cairan basah yang berakhir di pakaian dalam Bunda, seperti dikutip dari laman Parents.

Kondisi ini akan membuat Bunda merasa tidak nyaman. Dengan alasan apa pun, basah di pakaian dalam akan membuatnya terasa kotor sehingga membuat Bunda harus berganti pakaian dalam hingga berkali-kali.


Namun, Bunda tak perlu khawatir karena itu kondisi normal akibat kadar hormon yang fluktuatif di tubuh.

Tetapi, jika Bunda merasa khawatir jika cairan tersebut merupakan cairan ketuban yang bocor atau cairanĀ keputihan yang berbau tajam, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat ya, Bun.

Semoga membantu!

Bunda, simak juga yuk cerita anak sulung Marissa Nasution saat diberi tahu mau punya adik dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!