sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Tips Mengatasi Rasa Logam di Tenggorakan di Awal Kehamilan

Siti Hafadzoh Minggu, 19 Apr 2020 07:58 WIB
pregnant young woman caption
Jakarta - Berbagai perubahan mungkin Bunda temui sejak trimester awal kehamilan. Salah satunya yang dialami ibu hamil adalah rasa pahit atau seperti ada logam di dalam mulut dan pangkal tenggorokan.

Perubahan indra perasa ibu hamil itu disebut dengan dysgeusia. Hal ini disebabkan oleh peningkatan hormon estrogen dan progesteron selama hamil.


"Dysgeusia membuat beberapa ibu hamil mulutnya terasa seperti ada logam. Beberapa ibu hamil bahkan ada yang mengeluh seperti sedang mengunyah logam," kata Debra Rose Wilson, PhD, MSN, dikutip dari Healthline.


Rasa logam di dalam mulut memang umum dialami oleh ibu hamil, Bun. Nah, dikutip dari Parents, ini 5 tips mengatasi rasa logam yang terasa hingga pangkal tenggorokan ketika hamil:

1. Makanan asam

Makanan asam seperti mangga, jeruk, stroberi dapat menstimulasi produksi air liur. Ini akan meringankan rasa pahit di mulut.

2. Tambahkan garam

Kalau lidah Bunda terlalu sensitif dengan rasa manis, tambahkan sedikit garam. Misalnya, tambahkan garam pada buah kaleng atau selai.

5 Tips Mengatasi Rasa Logam di Tenggorakan di Awal KehamilanIlustrasi hamil muda/ Foto: iStock
3. Ganti jenis vitamin

Tanyakan kepada dokter untuk mengganti jenis vitamin yang perlu Bunda konsumsi selama hamil. Vitamin gummy yang bisa dikunyah akan lebih meringankan rasa pahit.

4. Sering sikat gigi

Sikat gigi dan lidah, kemudian kumur dengan campuran baking soda (campur 1/4 sendok teh baking soda ke 1 gelas air). Ini akan memperbaiki rasa di lidah dengan menetralisir kadar pH.


5. Konsumsi makanan yang bisa ditoleransi

Tidak perlu memaksakan diri, Bunda boleh konsumsi makanan yang bisa ditoleransi lidah. Sebagian besar perubahan ini akan hilang di trimester kedua.

Lihat juga ciri hamil dilihat dari kulit berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!