sign up SIGN UP search


kehamilan

Penyebab KB Spiral Terasa Sakit Seperti Dialami Zaskia Adya Mecca

Yuni Ayu Amida Senin, 01 Jun 2020 19:23 WIB
Zaskia Adya Mecca caption
Jakarta -

Artis cantik Zaskia Adya Mecca baru-baru ini mengumumkan hamil anak kelima, Bunda. Kehamilannya pun diketahui sudah memasuki usia 32 minggu atau 8 bulan. Bagi istri Hanung Bramantyo ini kehamilan sekarang terasa berbeda karena penuh drama.

"Ini kehamilan yang paling drama yang dimulainya sangat cukup berat juga, cukup berat buat aku sih," kata Zaskia, dikutip dari YouTube channel The Bramantyos, Minggu (31/5/2020).

Sementara itu, kehamilan kelimanya ini rupanya terjadi sebulan setelah Zaskia melepaskan alat kontrasepsi IUD (KB spiral). Alasan wanita berhijab tersebut melepaskan KB-nya karena tak kuat menahan sakit, Bunda.


"Dimulai dari KB spiral, dia (Zaskia) memang kadang kecentilan. Dia enggak mau harus ganti ke dokter. Dokternya enggak mau yang ini, kan kita sudah nemu dokter yang sudah bagus. Akhirnya kemudian dipasang lah itu spiral, ternyata sakit segala macam, aku kan enggak ngerti," ujar Hanung.

Zaskia melepas KB spiralnya setelah 24 jam dipasang. Sebenarnya Zaskia berencana akan memasang KB spiral lagi sebulan kemudian. Namun, belum sempat dipasang, ia dinyatakan hamil.

"Aku copot terus dokter Musa bilang, mau pasang lagi enggak. (Aku bilang) Istirahat dulu deh Dok, mau pasang bulan depan, tahunya bulan depan langsung hamil," ungkap Zaskia.

Zaskia Adya MeccaZaskia Adya Mecca/ Foto: Dok. Instagram/zaskiadyamecca

Bicara soal rasa sakit akibat pemakaian KB Spiral atau KB IUD, menurut dr.Amna Dermish, MD, beberapa rasa tidak nyaman umum dirasakan saat pemasangan IUD. Beberapa orang melaporkan merasakan ketidaknyamanan ringan hingga sedang selama proses pemasangan.

"Umumnya, ketidaknyamanan ini berlangsung sebentar, dan kurang dari 20 persen orang akan membutuhkan perawatan. Ini karena proses pemasangan IUD biasanya cepat, hanya berlangsung beberapa menit. Ketidaknyamanan mulai hilang dengan cepat setelah penyisipan selesai," jelas Dermish, dilansir Healthline.

Lebih lanjut Dermish menerangkan, rasa tidak nyaman atau sakit yang mungkin dirasakan setiap orang ketika memakai IUD memiliki tingkatan berbeda. Biasanya ada faktor-faktor yang menyebabkannya.

"Seseorang yang pernah melahirkan secara normal melalui vagina, cenderung merasakan sedikit ketidaknyamanan dibanding mereka yang belum pernah hamil. Misalnya, wanita yang melahirkan melalui vagina menggambarkan angka nyeri 3 dari 10, sementara yang belum pernah hamil mungkin skor nyerinya 6 dari 10," tuturnya.

Kecemasan, stres, dan ketakutan dapat memengaruhi perasaan kita. Itu sebabnya kata Dermish penting untuk menjawab semua pertanyaan atau masalah yang kita miliki dengan penyedia layanan kesehatan sebelum memulai pemasangan IUD.

"Memahami proses, dan merasa nyaman dengan penyedia layanan adalah aspek kunci dari pengalaman positif pemasangan IUD," tukasnya.

Simak juga cara cegah kehamilan untuk ibu menyusui dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/rap)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!