sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Doa Supaya Dimudahkan Saat Melahirkan

Haikal Luthfi Selasa, 16 Jun 2020 09:09 WIB
Cheerful female nurse gestures as she talks with a pregnant patient. caption
Jakarta -

Melahirkan merupakan fase yang paling riskan sepanjang kehamilan. Sebuah proses pengeluaran hasil konsepsi (janin) yang telah cukup bulan. Ini bisa dikatakan normal jika prosesnya terjadi pada usia kehamilan cukup bulan (setelah kehamilan 37 minggu).

Saat persalinan, rata-rata proses kelahiran pertama kali memakan waktu sekitar 24 jam, Bunda. Sedangkan kelahiran berikutnya relatif lebih singkat.

Meski begitu, kondisi tersebut sangat bervariasi. Selain Bunda harus menyiapkan fisik yang prima, jelang persalinan Bunda juga harus memperbanyak berdoa.

Dikutip dari detikcom, menjelang persalinan, terdapat amalan dan doa yang bisa dilakukan. Ketika Fathimah RA menjelang persalinan, Rasulullah SAW memerintahkan kepada Ummu Salamah dan Zainab binti Jahsyin R.A untuk mendampingi putrinya itu dan membacakan ayat Kursi (Al-Baqarah: 255), surat Al-A'raf ayat 45 dan Surat Al-Falaq serta An-Nas di dekat Sayidatina Fathimah RA.

Team of doctors and nurses wear masks and gloves and prepare for surgery.Ilustrasi ibu melahirkan/ Foto: iStock


Berikut ini, penjabarannya:


1. Surat Al-Baqarah ayat 255

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Artinya:

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya?
Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

2. Surat Al-A'raf ayat 45

الَّذِينَ يَصُدُّونَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ وَيَبْغُونَهَا عِوَجًا وَهُمْ بِالْآخِرَةِ كَافِرُونَ

Artinya:

(Yaitu) orang-orang yang menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah dan menginginkan agar jalan itu menjadi bengkok, dan mereka kafir kepada kehidupan akhirat.

3. Surat Al-Falaq

قُلۡ اَعُوۡذُ بِرَبِّ الۡفَلَقِۙ

مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ

وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ

وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ

وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ

Artinya:

Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar), dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.

4. Surat Annas

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ

مَلِكِ النَّاسِۙ

اِلٰهِ النَّاسِۙ

مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ

الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ

مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

Artinya:

Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.

Simak juga Bunda, perjuangan Ivy Batuta di Amerika, jadi host sampai melahirkan sendiri pada video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi