sign up SIGN UP search


kehamilan

Jelang Melahirkan, Citra Kirana dan Rezky Aditya Jalani Tes Swab

Annisa Karnesyia Kamis, 27 Aug 2020 18:26 WIB
Citra Kirana dan Rezky Adhitya caption
Jakarta -

Citra Kirana dan Rezky Aditya akan menyambut kehadiran anak pertama mereka nih. Pasangan ini telah melakukan berbagai persiapan, salah satunya menjalani tes swab di rumah sakit.

Rezky menjalani tes swab karena akan menemani sang istri di ruang persalinan. Tes ini dilakukan sebagai syarat sebelum melahirkan di rumah sakit itu, Bunda.

"Jadi pagi ini kita sengaja bangun pagi. Ini demi si bayi ini, karena gue mau masuk ke ruangan operasinya, jadi prosedural dari rumah sakit harus di swab," kata Rezky dalam YouTube channel Ciky Citra Rezky, dikutip Kamis (27/8/2020).


Selain Rezky dan Citra, beberapa orang yang akan berhubungan dengan bayi mereka juga menjalani tes. Beberapa di antaranya adalah suster dan tim videografer yang akan mengambil gambar selama proses persalinan.

"Makanya jadi sekalian saja, kita berdua, suster, terus nanti ada tim videografer harus di-swab," ujar Citra.

citra kiranaCitra Kirana dan Rezky Aditya/ Foto: instagram @hakimyusufl

Tak cuma tes swab, pasangan yang menikah tahun Desember 2019 itu juga menyiapkan perlengkapan sebelum ke rumah sakit. Citra Kirana begitu detail menyiapkan segalanya, Bunda.

Sementara itu, Rezky Aditya terlihat tak mau kalah. Ia ikut membantu sang istri menyiapkan barang untuk dirinya dan Citra.

"Karena sudah mendekati persalinan, jadi aku mau mulai menyiapkan peralatan yang akan kau bawa ke rumah sakit," ucap Citra.

"Yang sudah aku cari tahu itu, bawa baju ganti, bawa underwear segala macem, terus peralatan mandi, terus pokoknya perlengkapan untuk ibu dan baby-nya," sambungnya.

Menyiapkan perlengkapan sebelum melahirkan memang penting, Bunda. Namun, menjalani tes swab di masa pandemi juga mesti dilakukan ya.

Sebelum menjalani proses persalinan di rumah sakit, ibu hamil sebaiknya melakukan tes cepat (rapid test) atau swab terlebih dahulu. Menurut Dr.Triani Ismella, Sp.OG, dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, tes wajib dilakukan pada ibu hamil dan yang akan mendampingi proses persalinan.

"Ini tes yang wajib dilakukan ibu hamil dan yang akan mendampingi melahirkan. Meski sudah pernah tes, namun jika lebih dari 2 minggu, maka tetap wajib tes ulang," kata Triani.

Selama proses persalinan, pihak rumah sakit juga menyiapkan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis yang bertugas. Di masa pandemi COVID-19 ini, biaya persalinan juga diperkirakan naik.

Simak juga ciri hamil dilihat dari perubahan warna kulit, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi