sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Persiapan Sebelum Melahirkan Caesar, Bunda Perlu Tahu

Yuni Ayu Amida Kamis, 23 Jul 2020 07:07 WIB
A portrait of pregnant young woman indoors at home, feeling tired. caption
Jakarta -

Operasi caesar merupakan salah satu prosedur melahirkan bayi melalui operasi sayatan perut, Bunda. Nah, persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum melakukan operasi caesar?

Dijelaskan Michele Hakakha, M.D., dokter kandungan dan ginekolog bersertifikat di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), operasi caesar biasanya direncanakan sekitar satu minggu sebelum tanggal perkiraan lahir. Ini dilakukan untuk mencegah ibu hamil bersalin sebelum tanggal seharusnya.

Sementara itu, operasi caesar juga bisa dilakukan secara darurat. Hakakha mengatakan, operasi caesar yang tidak dijadwalkan sebelum persalinan biasanya merupakan tindakan yang dilakukan untuk menyelamatkan ibu atau bayi. Misalnya saat bayi dalam kesulitan, persalinan tidak berkembang secara normal, atau dokter mendeteksi masalah plasenta.


"Seluruh operasi caesar berlangsung sekitar 25 hingga 60 menit, dan pemulihan membutuhkan waktu lebih lama dibanding dengan persalinan melalui vagina. Anda kemungkinan akan tinggal di rumah sakit selama dua hingga empat hari sesudahnya," kata Hakakha, dilansir Parents.

Ada baiknya, sebelum Bunda memutuskan untuk melakukan operasi caesar, perhatikan beberapa hal yang harus dipersiapkan berikut ini, dikutip dari UW Medicine:

1. Satu minggu sebelum melahirkan caesar

Pastikan satu minggu sebelum melahirkan caesar, Bunda sudah bicarakan tentang kelahiran dan rencana kontrol dengan dokter. Selain itu, Bunda juga harus menandatangani persetujuan untuk operasi.

Jangan lupa makan makanan sehat dan pola makan seimbang. Serta mulailah mencari dokter anak untuk konsultasi terkait bayi yang akan lahir nanti.

2. Perawatan mandi sebelum melahirkan caesar

Melahirkancaesar berarti bagian perut Bunda akan dibedah. Ini artinya ada beberapa hal yang mesti diperhatikan sebelum melakukan operasi, salah satunya perawatan mandi.

Biasanya, saat periksa ke rumah sakit mendekati hari kelahiran, di malam sebelum operasi, perawat akan memberi Bunda kain chlorhexidine gluconate (CHG). Ini nanti digunakan untuk menyeka bagian tubuh saat mandi.

Saat mandi, Bunda boleh menggunakan sabun yang biasa digunakan. Lalu bersihkan tubuh dengan baik, dan jangan cukur apapun di area tubuh yang berada dekat lokasi bedah. Gunakan kain CHG untuk menyeka bagian depan tubuh.

Bersihkan bawah payudara, di atas perut, dan turun ke paha atas. Jangan gunakan kain CHG untuk membersihkan area genital. Sebaiknya jangan memakai produk rambut, deodoran, lotion, atau wewangian. Lalu gunakan pakaian bersih untuk kemudian bersiap ke rumah sakit sesuai jadwal.

Perlu diketahui, mungkin saja tidak semua ibu hamil yang akan melahirkan caesar mendapatkan kain CHG yang dimaksud. Ini juga tergantung pada perawatan rumah sakit pilihan.

Kopi untuk Ibu HamilKopi untuk Ibu Hamil/ Foto: iStock

3. Aturan makan

Bunda bisa makan dan minum seperti biasa sampai 8 jam sebelum operasi caesar. Mendekati 2 jam sebelum operasi caesar, Bunda masih boleh minum cairan bening, namun tidak untuk makan. Dan 2 jam menjelang operasi caesar, jangan makan atau minum apapun.

4. Stop minum obat

Tanyakan pada dokter terkait obat yang Bunda konsumsi. Jelang melahirkan caesar, Bunda harus berhenti mengonsumsi obat-obat tersebut untuk beberapa hari, bahkan beberapa bulan sebelum melahirkan.

5. Persiapan ke rumah sakit

Tanyakan kepada dokter kapan waktu operasi Bunda dijadwalkan. Bunda juga tentunya harus mempersiapkan barang-barang untuk dibawa ke rumah sakit, di antara barang tersebut seperti pakaian ganti, karena Bunda akan memakai kateter selama setidaknya 12 jam setelah operasi caesar, maka penggunaan celana kurang disarankan, serta carilah pakaian yang ada kancing depan, jadi Bunda mudah menyusui si kecil.

Siapkan pula perlengkapan untuk menginap lainnya, seperti alas kaki atau sandal empuk, pembalut bersalin, tisu basah, buku atau majalah yang bisa membantu mengisi waktu sebelum masuk ruang operasi dan lainnya.

Simak juga intimate interview dengan Winda Idol dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi