sign up SIGN UP search


kehamilan

Singapura Berikan Bonus pada Pasutri yang Ingin Punya Anak Selama Pandemi

Asri Ediyati Kamis, 08 Oct 2020 15:49 WIB
Shot of a happy young couple in a loving embrace caption
Jakarta -

Kalau di Indonesia terjadi baby boom selama pandemi, sementara di Singapura malah sebaliknya. Singapura mengalami penurunan angka kelahiran terutama saat pandemi COVID-19 berlangsung.

Ya, para pasangan pasutri di Singapura menunda menjadi orang tua karena mereka berjuang dengan tekanan keuangan dan pemutusan hubungan kerja (PHK) selama pandemi, Bunda.

Untuk membendung kekhawatiran warga Singapura yang ingin punya anak saat pandemi. Pemerintah Singapura menawarkan pembayaran satu kali melahirkan untuk mendorong pasutri memiliki anak.


Dilansir BBC, bonus ini merupakan tambahan dari beberapa bonus besar yang ditawarkan oleh pemerintah terkait kelahiran. Sistem bonus bayi Singapura saat ini memberikan tunjangan hingga 10 ribu dolar Singapura atau kurang lebih Rp108,5 juta kepada orang tua yang memenuhi syarat.

"Kami telah menerima umpan balik bahwa COVID-19 telah menyebabkan beberapa calon orang tua menunda rencana menjadi orang tua," kata Wakil Perdana Menteri Singapura Heng Swee Keat.

Heng mengatakan rincian lebih lanjut tentang jumlah dan bagaimana para calon orang tua ini akan dibayar akan diumumkan di kemudian hari.

Singapura memiliki salah satu tingkat kelahiran terendah di dunia. Pemerintah setempat telah berupaya untuk meningkatkan angka kelahiran selama beberapa dekade. Salah satunya dengan memberikan bonus dengan nominal yang disebutkan tadi, Bunda.

Tingkat kesuburan Singapura menyentuh level terendah delapan tahun pada 2018. Menurut data pemerintah, pada tingkat 1,14 kelahiran per wanita. Banyak negara Asia menghadapi masalah serupa tentang penurunan tingkat kesuburan, yang dapat memburuk selama penurunan pandemi.

Sangat kontras dengan beberapa tetangganya seperti Indonesia dan Filipina, yang menghadapi prospek lonjakan besar kehamilan akibat pandemi virus Corona.

Simak juga cara mencegah kehamilan bagi ibu menyusui:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi