sign up SIGN UP search


kehamilan

Doa Pendek agar Lancar Melahirkan yang Mudah Dihafalkan

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 02 Dec 2020 08:26 WIB
Cute and lovely pregnant Muslim woman and her Muslim friend, spending the time together on a city street. caption

Jakarta - Fase melahirkan menjadi hal yang kerap membuat calon ibu deg-degan. Tidak saja muncul rasa cemas tetapi juga kekhawatiran yang kerap berlebihan. Sehingga banyak ibu hamil mencari dan menghafalkan doa lancar melahirkan

Hal itu sebenarnya wajar terjadi, Bunda. Khususnya bagi ibu baru, yang memandang proses persalinan adalah sesuatu yang tidak mudah. Kecemasan biasanya meningkat berkali-kali lipat saat hari-hari menjelang persalinan tiba. 

Kekhawatiran akan proses melahirkan yang menakutkan, keselamatan buah hati, dan berbagai kekhawatiran lainnya kerap melanda. Dan hal tersebut sangatlah wajar karena proses melahirkan memang tidak mudah untuk dilalui. 


Pada dasarnya, keinginan semua ibu, tentu saja melahirkan dengan persalinan normal dan prosesnya lancar tanpa kendala. Apalagi, seorang ibu mempertaruhkan nyawanya dalam proses melahirkan. Tentu saja ini bukan hal yang mudah dan ringan.

Biasanya, setiap wanita memiliki caranya masing-masing dalam menetralisir kecemasan jelang melahirkan. Salah satunya yang penting dan kerap dilakukan yakni melantunkan doa agar lancar melahirkan.

Syekh Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, dalam al-Adzkar al-Muntakhabah min Kalami Sayyid al-Abrar halaman 298 menjelaskan bahwa ketika detik-detik persalinan berlangsung, ada baiknya suami membaca ayat kursi sebanyak satu kali dan membaca surat Al A'raf ayat 54 sambil menunggu bayinya lahir.

Kemudian, lanjutkan juga dengan membaca surat Al Falaq dan An Nas sebanyak masing-masing satu kali. Serta, perbanyak juga doa: La ilaha illaLiahul 'adzimul halim. La ilaha illaLiahu Rabbul 'arsyil 'adzim. La ilaha illaLiahu Rabbus samawati wal ardli wa Robbul 'arsyil 'adzim, seperti dikutip dari laman almunawwar.

Di samping itu, Bunda juga dapat memperbanyak doa agar lancar melahirkan berikut ini seperti dikutip dari berbagai sumber:

Lâ ilâha illaLlâhul ‘adzîmul halîm. Lâ ilâha illaLlâhu Rabbul ‘arsyil ‘adzîm. Lâ ilâha illaLlâhu Rabbus samâwâti wal ardli wa Robbul ‘arsyil ‘adzîm.

Artinya: “Tiada tuhan selain Allah Yang Maha Agung lagi Bijaksana. Tiada tuhan selain Allah Pemilik ‘Arsy yang Agung. Tiada tuhan selain Allah Pemilik langit dan bumi dan ‘Arsy yang Agung”.

Selain membaca amalan doa di atas, Bunda juga dapat terus memperbanyak salawat kepada Rasulullah SAW seperti Shalawat Nariyah, dan shalawat lainnya. Semoga Allah melancarkan persalinan Bunda. Aamiin. 

Banner Shaheer Sheikh dan Ruchikaa KapoorBanner Shaheer Sheikh dan Ruchikaa Kapoor/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Simak juga yuk teknik untuk melancarkan persalinan di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi