sign up SIGN UP search


Minggu 24

Minggu 25

Minggu 26
kehamilan

Bayi Bunda Seukuran Buah Pepaya

Berat 778 gr
Tinggi 31,8 cm

Pada kehamilan minggu ke-25, janin mengembangkan indra penciumannya. Sekarang, ia bisa mencium bau dan aroma cairan ketuban.

Di minggu ini, tahap kedua perkembangan paru-paru janin telah selesai. Tahap kedua ini dinamakan kanalikuli.

Cabang paru-paru, rongga kecil dan kapiler telah terbentuk. Masih ada dua tahap perkembangan paru-paru lagi yang masih harus ia lewati.

Kulitnya tipis dan rapuh, tetapi tubuhnya berisi dan memenuhi lebih banyak ruang dalam rahim. Janin juga mulai menyimpan lapisan 'lemak coklat' di dada, leher, dan selangkangan yang akan membantu mempertahankan panas tubuh.



Bunda Jangan Lupa
  • Mencukupi Kebutuhan Air Minum Pastikan Bunda minum 10-12 gelas per hari agar tidak dehidrasi. Tidak harus air putih, Bunda bisa memenuhi asupan cairan dari buah juga.
  • Konsumsi Vitamin dan Makanan Bergizi Masukkan makanan yang tinggi kandungan zat besi, kalsium, protein, asam folat, lemak, zink, dan serat dalam menu harian.
  • Olahraga Lanjutkan berolahraga dan senam kegel untuk membantu menguatkan otot yang mendukung kandung kemih, rahim, dan usus. Memperkuat otot-otot ini selama kehamilan dapat memperlancar proses persalinan.

Bunda Baiknya
  • Selektif Pilih Camilan Pilih makanan manis yang lebih bergizi, sehingga tidak meningkatkan risiko obesitas maupun diabetes gestasional.
  • Mencari Nama Bayi Ajak Ayah untuk mulai memilih nama bayi yang cocok untuk si kecil.
  • Cari Tahu Tentang Depresi Pasca Melahirkan Kenali tanda-tanda baby blues atau depresi pasca melahirkan agar Bunda bisa segera mencari bantuan jika merasakan salah satunya.

Apa Bunda Merasakan
  • Detak Jantung Lebih Kencang Ini karena selama hamil, jantung Bunda memompa darah 50 persen lebih banyak dibanding sebelumnya.
  • Pelupa Bunda akan mengalami pregnancy brain yang membuat jadi lebih mudah lupa atau linglung.

Pada perkembangan janin minggu ke-25, indra penciumannya sudah berkembangan sehingga bisa mencium aroma ketuban. Paru-paru berkembang pada tahapan kanalikuli. Beratnya mencapai 778 gram atau seukuran buah labu.