sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Haikal Luthfi Senin, 15 Feb 2021 20:32 WIB
Fit Female Stretching At Home On Exercise Mat And Taking Selfie On Smartphone caption
Jakarta -

Olahraga setelah kehamilan adalah salah satu hal terbaik yang bisa dilakukan. Pasca melahirkan, biasanya memerlukan waktu untuk mengembalikan bentuk perut seperti semula, Bunda.

Oleh karenanya, maka diperlukan olahraga demi mengecilkan perut setelah melahirkan. Selain itu kegiatan ini juga dapat membuat Bunda tampak menjadi lebih sehat dan bugar. Lantas, kapan waktu yang aman untuk memulai kembali aktivitas berolahraga?

Menurut Jade Alexis, seorang instruktur pribadi di New York, jika ibu tidak mengalami komplikasi selama persalinan, umumnya aman untuk mulai berolahraga beberapa hari setelah melahirkan.


"Aturan umumnya adalah kembali ke gym enam minggu setelah lahir," ujar Jade seperti yang dikutip dari dari laman Shape.

Olahraga teratur setelah melahirkan akan memperkuat dan mengencangkan otot, membantu mempercepat pemulihan pasca persalinan jika Bunda melahirkan secara normal, dan meningkatkan energi.

Selain itu, aktivitas ini juga dapat membantu menurunkan berat badan. Mengutip Mayo Clinic, olahraga yang teratur setelah hamil bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental, antara lain:

  • Membantu menurunkan berat badan, terutama bila diselingi dengan pengurangan asupan kalori
  • Meningkatkan kebugaran
  • Memperkuat dan mengencangkan otot perut
  • Meningkatkan energi
  • Meredakan stres
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Mengurangi gejala depresi postpartum

Meski begitu, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter maupun praktisi untuk memastikan semuanya aman dan menentukan rencana olahraga yang tepat. Saat Bunda merasa siap untuk berolahraga, sangat penting untuk tidak melakukannya secara berlebihan.

Bahkan jika Bunda merasa sehat setelah melahirkan, tubuh akan mengalami perubahan besar dan membutuhkan waktu untuk pulih. Sehingga, penting memilih olahraga yang sesuai demi menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan

Supaya perut kembali rata setelah melahirkan, ini bisa dilakukan dengan cara berolahraga, Bunda.

Ya, olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mengutip WebMD, berikut beberapa gerakan olahraga yang akan membantu untuk mengecilkan perut pasca melahirkan.

Young woman lying on her back at the gym after her workout. Fitness woman relaxing after exercise session.Ilustrasi olahraga mengecilkan perut/ Foto: iStock

1. Pernapasan dalam dengan kontraksi perut

Latihan ini sangat mudah untuk dilakukan. Sebab, Ini membantu mengendurkan otot dan memulai proses penguatan dan pengencangan perut.

Caranya dengan melakukan duduk tegak dan menarik napas dalam-dalam. Kemudian kontraksikan sembari memegang perut dengan erat saat menghirup dan menghembuskan napas dengan rileks. Cobalah untuk meningkatkan jumlah waktu untuk berkontraksi dan menahan perut secara bertahap ya Bunda..

2. Mengangkat kepala, mengangkat bahu, dan meringkuk

Beberapa gerakan ini membantu memperkuat otot punggung. Selain itu, ini juga dapat mengencangkan perut serta membakar kalori.

Mengangkat kepala

Lakukan gerakan berbaring telentang dengan lengan di sepanjang sisi tubuh. Atur agar punggung bawah tetap rata ke lantai, dengan menekuk lutut dan kaki. Kemudian, rilekskan perut saat menarik napas.

Saat mengeluarkan napas, perlahan angkat kepala dan leher dari lantai. Tarik napas saat menurunkan kepala kembali.

Mengangkat bahu

Setelah melakukan 10 kali gerakan pengangkatan kepala, cobalah melakukan gerakan ini, Bunda. Atur posisi yang sama saat melakukan gerakan pengangkatan kepala. Kemudian, tarik napas dan rilekskan perut.

Saat mengeluarkan napas, angkat kepala dan bahu dari lantai, raih lengan dan tangan ke arah lutut. Jika ini membuat leher menjadi tegang, lipat kedua tangan ke belakang kepala, dengan tidak menarik leher.

Tarik napas saat menurunkan kepala dan bahu ke bawah. Saat dapat melakukan 10 kali gerakan pengangkatan bahu, lanjutkan ke gerakan curl up, dengan posisi tangan menyilang di dada sembari mengangkat badan hingga siku menyentuh paha.

Lakukan gerakan ini selama 2 hingga 5 detik. Kemudian, turunkan secara perlahan. Buang napas dan tarik hingga Bunda rileks.

3. Berlutut memiringkan panggul

Gerakan ini juga dapat membantu mengencangkan perut serta meredakan sakit punggung. Lakukan gerakan merangkak dengan jari-jari kaki menyentuh lantai, lengan lurus ke bawah dari garis bahu, dan telapak tangan juga menyentuh lantai.

Selain itu, atur posisi punggung menjadi rileks dan lurus, tidak melengkung. Kemudian saat menarik napas, tarik bokong ke depan, miringkan panggul, dan putar tulang kemaluan ke atas. Tahan selama tiga hitungan, dan lepaskan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya, Bunda.

Banner Tanaman Hias AlokasiaBanner Tanaman Hias Alokasia/ Foto: Mia Kurnia Sari
(haf/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi