sign up SIGN UP search


moms-life

7 Jenis Tanaman Hias Alokasia yang Eksotis

Mutiara Putri Jumat, 12 Feb 2021 03:00 WIB
Alocasia sanderiana Bull or Alocasia Plant in clay pot on wooden table in living room caption
Jakarta -

Memiliki area penghijauan di halaman belakang rumah bisa jadi hal yang menyenangkan ya, Bunda. Selain sirkulasi udara jadi lebih bersih, Bunda juga bisa memilih tanaman hias apa saja yang akan ditanam pada kebun.

Setelah hampir setahun Bunda beraktivitas di rumah saja karena masa pandemi, mungkin bosan jika tak ada hobi baru. Karenanya, mengoleksi tanaman hias untuk kebun belakang bisa dijadikan hobi baru nih, Bunda.

Banyak tanaman hias yang bisa Bunda pilih. Ada tanaman hias berdaun merah, tanaman hias berbunga, hingga yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan Bunda dan keluarga.


Salah satu tanaman yang memiliki banyak varian adalah alokasia, Bunda. Tanaman hias ini dari keluarga Araceae dengan 79 spesies yang hidup di Asia tropis dan subtropis hingga, Australia bagian timur.

Alokasia memiliki daun yang bisa tumbuh sepanjang 20 hingga 90 cm. Bunganya tumbuh di ujung tangkai, namun tidak mencolok dan sering tersembunyi di balik tangkai daunnya.

Tak hanya langsung di halaman, tanaman hias alokasia biasanya ditanam di dalam pot. Alokasia tetap butuh cahaya yang baik jika ingin ditanam di dalam rumah. Daunnya pun perlu dibersihkan setiap minggunya.

Nah, buat Bunda yang ingin merawat alokasia, berikut ini pilihan jenisnya, dirangkum dari buku 56 Alokasia Eksotis.

1. Alokasia alba 'lemon'

Alokasia jenis ini memiliki ukuran yang sangat besar hingga mencapai 2 meter. Alokasia alba 'lemon' sangat cocok buat mempercantik rumah nih, Bunda.

Alokasia alba 'lemon' memiliki bentuk daun yang menyerupai hati terbalik dengan gelombang halus pada bagian tepinya. Tulang daunnya juga sangat simetris dengan bentuk garis tipis.

2. Alokasia aurora

Jenis alokasia ini terbilang sangat unik nih, Bunda. Alokasia aurora memiliki tangkai daun berwarna merah mudah yang cerah. Warna batangnya akan tetap terjaga jika Bunda menanamnya di tempat yang teduh. Jika cahaya kurang, batang alokasia akan memudar dan menjadi putih.

Sementara daunnya berwarna hijau kekuningan, terutama yang masih muda. Ukurannya yang tak terlalu tinggi sangat cantik jika ditanam dalam pot.

3. Alokasia 'all gold'

Daya tarik utama yang ada pada alokasia ini adalah warna tangkainya yang tampil kekuningan. Alokasia akan berubah jadi warna kuning jika lokasinya agak teduh. Cantik banget ya, Bunda.

Daunnya berbentuk hati yang cenderung mengarah tegak ke atas. Tulang daunnya terasa menonjol dan setiap lembarnya terasa cukup tebal. Alokasia jenis ini mampu tumbuh hingga tinggi 1 meter.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat jenis alokasia lainnya ya, Bunda.

Simak juga tanaman beracun yang sebaiknya jangan disentuh anak dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



Banner Sacha Stevenson
JENIS TANAMAN HIAS ALOKASIA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!