sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Cara Mudah dan Ampuh Merapatkan Miss V Setelah Melahirkan

Kinan Senin, 10 May 2021 20:58 WIB
A young pregnant woman is doing fitness at home. It is important to exercise during pregnancy. caption

Tak sedikit wanita yang percaya bahwa vagina bisa kehilangan elastisitasnya alias jadi 'longgar' selamanya. Agar ini tak terjadi, berbagai cara merapatkan Miss V pun banyak dicari.

Dikutip dari Healthline, teori ini tidak seutuhnya tepat. Vagina memiliki sifat elastis, yang berarti ia dapat meregang. Hanya saja, memang diperlukan waktu supaya Miss V bisa kembali ke bentuk semulanya.

Jadi, pada dasarnya secara keseluruhan otot vagina mampu mengembang dan menarik seperti karet gelang.


Vagina bisa longgar setelah melahirkan, mitos atau fakta? 

Setelah melahirkan, Bunda mungkin akan merasa vagina tak lagi elastis. Ingat, perubahan ini umumnya tidak bersifat permanen dan terjadi selama masa pemulihan saja. 

Maka dari itu, pernyataan bahwa vagina akan longgar selamanya karena persalinan hanya mitos belaka. 

Selama proses pemulihan setelah melahirkan, Miss V memang butuh waktu untuk menyembuhkan diri. Berikan jeda waktu untuk benar-benar sembuh total sebelum berencana kembali melakukan aktivitas seks, ya.

Cara-cara merapatkan Miss V

Penting untuk diketahui bahwa vagina tak selalu harus 'rapat'. Jika terlalu demikian, penetrasi justru bisa terasa tak nyaman lho, Bunda.

Sebenarnya justru otot vagina secara alami mengendur saat terangsang. Ia mampu lebih rileks, mengeluarkan pelumas alami dan meregang dengan nyaman.

Namun, tak ada salahnya melakukan cara-cara alami untuk mempercepat pemulihan dan merapatkan Miss V kembali setelah melahirkan. Apa saja cara merapatkan Miss V yang bisa dicoba? Intip daftarnya, yuk!

1. Atur pola makan bergizi

Hal pertama dan terpenting sebagai cara merapatkan Miss V yakni menerapkan pola makan yang benar. Ya, pola makan tepat dapat membuat perbedaan bagi kesehatan secara keseluruhan. 

Otot dasar panggul secara fisik juga akan menjadi lebih kuat. Jangan lupa mengonsumsi makanan yang mengandung estrogen di dalamnya ya, Bunda. Misalnya seperti delima, kedelai, wortel, apel dan beri.

2. Senam kegel

Rutin senam kegel dapat membantu melatih otot-otot panggul lebih cepat pulih. Yang terpenting, jangan lupa lakukan latihan ini secara rutin.

Cara merapatkan Miss V yang satu ini bisa dilakukan dengan menemukan otot dasar panggul terlebih dahulu. Cobalah untuk menahan buang air kecil, nah di situlah Bunda perlu mengendalikan ototnya.

Senam kegel dapat dilakukan dengan posisi apapun yang terasa nyaman. Misalnya dengan posisi duduk, berdiri atau berbaring. Setelah itu, kencangkan dan tahan otot dasar panggul selama 5 detik. 

Tarik napas seperti biasa, kemudian lepaskan otot. Beri jeda 10 detik sebelum mengencangkannya kembali. Nantinya jeda waktu dapat ditambah sesuai kemampuan. Agar hasilya lebih maksimal, lakukan senam kegel sebanyak 3 set setiap hari secara rutin.

3. Yoga

Yoga terbukti menjadi salah satu cara merapatkan Miss V yang efektif. Nilai lebihnya, yoga juga membantu membuat psikis lebih rileks.

Ya, berlatih yoga secara teratur dapat membantu mengencangkan otot-otot vagina. Contoh gerakan yoga yang melatih dan mengencangkan otot dasar panggul salah satunya bridge pose.

Caranya, awali dengan berbaring telentang, kemudian tekuk lutut dan telapak kaki menempel di lantai. Letakkan tangan di sisi samping tubuh. Kemudian dorong punggung dan bokong ke atas, hingga posisinya tampak seperti jembatan.

Tahan posisi ini selama 1 menit, turunkan kembali punggung dan bokong ke lantai. Lakukan berulang hingga maksimal 2 kali.

Jangan lupa sambil berlatih tarik napas dalam agar lebih intens, Bunda. Lakukan secara rutin dan jika perlu beberapa kali sehari untuk membantu merapatkan Miss V.  

4. Perbaiki postur tubuh

Bicara tentang postur, Bunda mungkin akan langsung memikirkan punggung dan bahu. Tetapi postur tubuh secara keseluruhan juga penting untuk kekuatan otot dasar panggul. 

Dilansir Bustle, penting bagi para bunda untuk memperbaiki postur tubuh, terutama untuk posisi berdiri dan bergerak. Upayakan untuk selalu tegak agar otot dapat berkontraksi dan rileks secara alami. 

"Melengkungkan punggung saat berdiri akan mendorong pinggul dari posisi sejajar," tutur dokter kandungan dan kebidanan, Sarah de la Torre. 

Menurutnya, berfokus pada otot perut bagian bawah dapat membantu Bunda lebih baik untuk melatih dasar panggul. 

5. Squat

Squat juga dapat menjadi salah satu jenis cara merapatkan Miss V yang populer. Tapi meski terlihat mudah, squat perlu dilakukan dengan tepat supaya hasilnya bisa maksimal.

Pahami posisi squat yang tepat dulu ya, Bunda. Pertama, berdiri dengan tegak dan posisi kaki terbuka sedikit lebih lebar dari bahu. Setelah itu, rentangkan kedua tangan lurus ke depan.

Tekuk lutut sampai panggul turun seperti posisi akan berjongkok. Jika tubuh terasa sulit seimbang, buka kaki sedikit lebih lebar lagi. Jangan lupa jaga punggung tetap tegak dan tidak membungkuk.

Hitung sampai 20 detik, kemudian berdiri kembali. Lakukan sampai satu menit. 

Pakar kebugaran kehamilan Nicole Brodie mengatakan bahwa squat bermanfaat untuk melatih otot dasar panggul, karena cara kerjanya mirip seperti senam kegel.

Demikian ulasan tentang berbagai cara merapatkan Miss V yang bisa Bunda lakukan di rumah. Agar efektif dan hasilnya maksimal, lakukan dengan rutin ya, Bunda.

(som/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!