sign up SIGN UP search


kehamilan

Bunda, Ini 5 Jenis Vaksin COVID-19 Rekomendasi POGI untuk Bumil

Annisa Karnesyia Rabu, 07 Jul 2021 19:59 WIB
Ibu hamil caption
Jakarta -

Vaksinasi COVID-19 pada ibu hamil bisa mulai dilakukan ya, Bunda. Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) mengatakan bahwa ibu hamil termasuk kelompok populasi yang berisiko.

Sebelumnya, POGI menyatakan bahwa infeksi Corona bisa meningkatkan risiko kejadian persalinan prematur dan komplikasi kehamilan lainnya. Oleh karena itu, mendapatkan vaksinasi dalam kehamilan akan mencegah ibu hamil mendapat gejala berat bila terpapar COVID-19.

POGI belum lama ini kembali mengeluarkan rekomendasi tentang vaksinasi pada ibu hamil. Kali ini, POGI menjelaskan tentang jenis vaksin yang aman digunakan untuk Bunda hamil nih.


Berdasarkan rekomendasinya, dijelaskan bahwa ada lima jenis vaksin yang bisa digunakan untuk ibu hamil, yakni Pfizer, Moderna, Astra Zeneca, Sinovac, dan Sinopharm. Meski sampai saat ini belum terdapat uji klinis dalam hal keamanan dan efektivitasnya, vaksin-vaksin ini telah diuji melalui studi.

Salah satu vaksin yang banyak digunakan di Indonesia adalah Sinovac. Menurut POGI, vaksin ini aman diberikan pada ibu hamil sesuai rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia per 24 Mei 2021.

"Sinovac adalah vaksin inactivated, basis RNA virus, sub unit protein, atau vektor virus, tidak dapat bereplikasi, dibandingkan vaksin lain sejenis (vaksin tetanus, difteri, atau influenza) secara umum vaksin jenis ini aman, dapat memberikan proteksi pasif untuk neonatur (bayi baru lahir)," tulis POGI dikutip dari Facebook resminya.

"WHO sebagai badan kesehatan dunia telah mengeluarkan rekomendasi interim penggunaan Sinovac pada ibu hamil."

Dalam rekomendasinya, pemberian vaksinasi COVID-19 pada Bunda selama masa kehamilan dapat dilakukan dengan konseling ya. Hal ini berkaitan dengan keamanan dan efektivitas vaksin.

Lalu di usia kehamilan berapa minggu Bunda bisa mendapatkan vaksin ketika hamil?

Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga 7 aktivitas paling berisiko tularkan COVID-19, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

USIA KEHAMILAN YANG BOLEH VAKSIN COVID-19
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi