sign up SIGN UP search


kehamilan

Batas Usia Kehamilan yang Boleh Mendapat Vaksin Covid-19 Menurut Dokter

Annisa Karnesyia Jumat, 02 Jul 2021 07:00 WIB
Vaksin Covid-19 caption
Jakarta -

Ibu hamil termasuk kelompok yang rentan terpapar virus COVID-19. Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGO) pun membuat rekomendasi tentang upaya pencegahan COVID-19 dengan vaksinasi, Bunda.

Vaksinasi pada Bunda yang hamil direkomendasikan pada tiga kategori, yakni ibu hamil dengan risiko tinggi, yaitu berusia di atas 35 tahun, memiliki Body Mass Index (BMI) di atas 40, dengan komorbid diabetes dan hipertensi.

Kelompok kedua adalah ibu hamil dengan risiko tinggi terpapar, terutama tenaga kesehatan. Terakhir yakni bagi ibu hamil dengan risiko rendah setelah mendapatkan penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk melaksanakan vaksinasi COVID-19.


Menurut dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dr.Ilham Utama Surya, Sp.OG, dibutuhkan usaha untuk mengatasi COVID-19 yang semakin meluas di Indonesia. Usaha ini meliputi upaya pencegahan dengan menerapkan protokol kesehatan dan vaksinasi, pengobatan, dan upaya meminimalisir atau mengatasi penyakit berat.

Banner Reaksi Anak UASBanner Reaksi Anak UAS/ Foto: Mia Kurnia Sari

"Kalau dia sudah bergejala berat, itu dibutuhkan untuk dibawa ke rumah sakit, lalu membutuhkan vitamin, dan obat-obatan anti-virus, dan anti-inflamasi yang sangat kuat. Selain itu juga membutuhkan alat penopang pernapasan, seperti ventilator dan ECMO (extracorporeal membrane oxygenation)," kata Ilham kepada HaiBunda, Rabu (30/6/21).

Vaksinasi ibu hamil

Vaksin adalah upaya pencegahan yang diharapkan bisa digunakan lebih luas, termasuk pada Bunda hamil. Untuk itu, POGI pun merekomendasikan Bunda hamil mendapatkan vaksinasi COVID-19..

Ilham mengatakan bahwa vaksinasi ini tidak bisa sembarang diberikan pada masa kehamilan. Paling tidak vaksin bisa diberikan setelah usia kehamilan 12 minggu.

"Iya, sebaiknya diberikan setelah 12 minggu karena tidak mengganggu pembentukan organ janin," kata dokter yang bekerja RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo ini.

Menurutnya, saat ini basis penelitian tentang vaksinasi ibu hamil memang masih belum banyak, Bunda. Tapi, setelah menimbang manfaat vaksin, Ilham mengatakan bahwa tidak ada salahnya Bunda hamil mendapatkan vaksinasi.

"Kita kan menimbang manfaat dan mudarat, lebih baik dikasih vaksin atau tidak? Ya, lebih baik divaksin saja. Walaupun tidak terlalu efektif karena mutasi virus dan reinfeksi, minimal gejalanya bisa ringan saat kena Covid," ujarnya.

Lalu jenis vaksin COVID-19 apa yang bisa diberikan pada Bunda hamil? Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga efek samping setelah vaksin selain demam, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

JENIS VAKSIN COVID-19 UNTUK BUMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!