sign up SIGN UP search


kehamilan

2 Hal Baru yang Bunda Temukan saat Lahirkan Anak Kedua

Meita Fajriana Kamis, 26 Aug 2021 13:40 WIB
Pregnant woman with child. Mother and son on nature background, close-up. Child boy is sitting on belly of his mother, who pregnant for second time. Pregnancy, new life, family, parenthood concept. caption

Jakarta - Jika Bunda sudah pernah melahirkan, tentunya bukan hal baru lagi saat persalinan anak kedua. Bunda tentunya akan merasa lebih siap dalam mempersiapkan persalinan, baik itu dari perlengkapan maupun kesiapan mental. 

Meski demikian, nyatanya beberapa Bunda mengaku masih merasa khawatir saat melahirkan anak kedua. Hal itu karena adanya beberapa perbedaan yang dirasakan saat melahirkan anak pertama dan yang kedua.

Berikut dua perbedaan melahirkan anak kedua yang perlu Bunda ketahui, yang dikutip dari laman TodaysParents. 


1. Proses persalinan lebih cepat

Berdasarkan fakta medis dari dokter kandungan yang juga ibu tiga anak di Halifax, Kanada, Jillian Coolen mengungkapkan karena sudah pernah melahirkan sebelumnya, persalinan anak keduanya berjalan lebih cepat. 

"Rahim dan leher rahim telah melalui ini sebelumnya, jadi semua fase persalinan, hingga pembukaan dan mengejan akan lebih pendek untuk ibu saat kedua kalinya ini," kata Coolen dikutip dari laman TodaysParent, Senin (23/8).

Sebuah studi menunjukkan bahwa ibu yang melahirkan anak pertama kali melalui proses normal rata-rata melalui 9 jam persalinan aktif dan 1 jam mendorong atau mengejan. Sementara itu, ibu yang melahirkan anak kedua menghabiskan rata-rata 6 jam dalam persalinan aktif dan setengah jam mendorong.

2. Rasa sakit pascamelahirkan akan lebih buruk

Rasa sakit setelah melahirkan akan lebih buruk setelah melahirkan bayi kedua Bunda. Rahim memiliki tonus otot yang lebih sedikit daripada yang pertama kali dan lebih agresif dalam menekan secepat mungkin untuk mengurangi kemungkinan pendarahan.

Hal itu menyebabkan rasa sakit pascamelahirkan yang lebih kuat, kontraksi pascapersalinan yang membuat rahim kembali ke ukuran semula. Begitu juga ketika menyusui di awal melahirkan, tubuh melepaskan oksitosin yang memicu kontraksi pada perut Bunda akan terasa lebih sakit daripada sebelumnya.

Lalu, bagaimana cara mempersiapkan diri menjalani proses kelahiran anak kedua? Klik halaman berikutnya ya Bunda.

Simak juga video tentang 5 hal yang harus disiapkan bila melahirkan di masa pandemi di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS PERSIAPKAN DIRI JELANG KELAHIRAN ANAK KEDUA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!