sign up SIGN UP search


kehamilan

Bumil, Ini 8 Tips Memilih Dokter Kandungan yang Tepat untuk Kehamilan

Nanie Wardhani Senin, 30 Aug 2021 10:21 WIB
A pregnant woman has her blood pressure checked by her obstetrician at a routine prenatal appointment caption

Jakarta - Menemukan dokter kandungan yang benar-benar sesuai dan dirasa pas dengan Bunda bukanlah hal yang mudah. Hal itu bisa diumpamakan seperti Bunda mencari pasangan yang dapat membuat Bunda nyaman, yang akan ada di sana melalui aspek penting dalam hidup.

Bunda pun dapat berbicara secara terbuka dan jujur tentang kekhawatiran dan rencana. Kemudian, setelah sesi konsultasi berakhir, Bunda akan memiliki perasaan dipahami dan percaya diri tentang langkah selanjutnya.

Berikut adalah beberapa tips memilih dokter kandungan untuk kehamilan yang sesuai untuk Bunda, seperti dilansir dari Health Partners.


1. Ketahui siapa yang ada di jaringan asuransi Bunda

Mulailah dengan mencari tahu dokter kandungan mana yang ada di jaringan Bunda. Itu berarti menyesuaikan dengan layanan asuransi sehingga Bunda akan memahami cakupan opsi dan menghindari hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Jika Bunda tidak yakin ke mana harus mencari, mulailah dari situs web penyedia asuransi Bunda.

2. Minta rekomendasi dari teman atau keluarga yang Bunda percaya

Tidak ada yang lebih baik daripada rekomendasi langsung dari seseorang yang dekat dengan Bunda yang cocok dengan dokternya. Tanyakan orang-orang yang memiliki hubungan baik dengan dokter kandungan mereka. Dengarkan apa yang mereka sukai dari dokternya, dan jika tampak cocok untuk Bunda, mintalah kontaknya dan buat janji.

Perkembangan Janin Usia 2 BulanPerkembangan Janin Usia 2 Bulan/ Foto: Mia Kurnia Sari

3. Pikirkan tentang kepribadian dan gaya komunikasi Bunda

Mulailah dengan karakter diri Bunda sendiri. Misalnya, jika Bunda menganggap diri Bunda lebih serius, apakah Bunda menginginkan dokter kandungan serupa, atau seseorang yang dapat lebih santai saat kunjungan Bunda? Apakah Bunda ingin dokter kandungan yang hanya memberi fakta tanpa ada obrolan lainnya atau apakah lebih suka dokter yang banyak ngobrol selain membahas kesehatan Bunda?

Pikirkan tentang 'kualitas' yang Bunda cari di dokter kandungan dan jenis kepribadian apa yang cenderung cocok dengan Bunda untuk mengetahui dengan jelas apakah dokter tersebut dirasa tepat.

4. Periksa biografi dan spesialisasi mereka

Setelah memiliki kandidat dokter kandungan, cari biografi online mereka. Cek apakah mereka praktek di klinik yang nyaman bagi Bunda. Cek juga sertifikasi mereka. Bila seorang dokter kandungan telah menyelesaikan pelatihan dan ujian ekstra di luar lisensi untuk diakui sebagai ahli, hal ini mungkin penting bagi Bunda.

Lihat juga apakah Bunda dapat menemukan detail tentang spesialisasi apa pun. Misalnya, Bunda mungkin menginginkan dokter kandungan yang sangat tertarik pada masalah menstruasi berat. Atau jika Bunda sedang hamil, Bunda mungkin butuh dokter kandungan yang berpengalaman dengan diabetes gestasional.

Simak poin selanjutnya di halaman berikutnya ya.

Simak juga video tentang penyebab kehamilan ektopik menurut dokter kandungan di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



8 TIPS PILIH DOKTER KANDUNGAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!