sign up SIGN UP search


kehamilan

Warna Darah Haid yang Subur, Benarkah yang Tampak Merah dan Cerah?

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Rabu, 14 Sep 2022 20:30 WIB
ilustrasi pembalut Warna Darah Haid yang Subur, Benarkah yang Tampak Merah dan Cerah?/Foto: Getty Images/iStockphoto/Boyloso
Jakarta -

Darah menstruasi mempunyai warna yang berbeda-beda, Bunda. Karena perbedaannya itulah, darah menstruasi juga bisa mengindikasikan kondisi kesehatan tertentu pada Bunda. Selain itu, warna darah menstruasi juga disebut menandakan kesuburan pada masing-masing Bunda lho.
 
Mengutip dari Hindustantimes, dalam wawancara dengan HT Lifestyle, Dr Ananya R, MBBS, MS OBG di Rumah Sakit Kesehatan Ayu, menjelaskan. 
“Wanita yang memiliki darah menstruasi yang sangat gelap mungkin mengalami kesulitan untuk hamil dan berisiko mengalami masalah pembekuan yang dapat membahayakan plasenta selama kehamilan. Jika seseorang memiliki gejala lebih lanjut, mereka harus berkonsultasi dengan dokter,” ujarnya. 
 
Jika darah menstruasi Bunda secara konsisten lebih pucat daripada biasanya, Bunda harus khawatir. Darah mungkin tampak merah keunguan gelap dalam beberapa situasi, diikuti oleh gumpalan besar, kram parah, dan aliran deras. Ini umum terjadi pada wanita yang pernah memiliki fibroid atau endometriosis di masa lalu. Jika seseorang mengalami gejala lain, mereka harus berbicara dengan dokter, Bunda. 
 
Yuk ketahui lebih lanjut tentang darah menstruasi yang mengindikasikan Bunda subur ya. 

Warna darah haid yang subur

Masih bersumber dari Hindustantimes, warna menstruasi dapat menandakan banyak faktor seperti aktivitas hormonal, usia darah menstruasi, infeksi, kondisi medis, dan penyebab lain, Bunda. 

Sementara itu, menurut Web MD, jika Bunda sudah menginginkan kehamilan, Bunda memang harus lebih mengetahui siklus menstruasi hingga warna darah menstruasi yang bukan tidak mungkin, dapat meningkatkan peluang Bunda untuk hamil. 


 Agar lebih membantu, berikut adalah jenis warna darah menstruasi sesuai penjelasan Web MD:

1. Warna darah merah muda

Darah merah muda sering terlihat pada saat menstruasi bermula. Pada tahap ini, beberapa darah merah segar dan cerah dapat bercampur dengan keputihan yang menyebabkan warnanya menjadi lebih terang dan terlihat merah muda.

Keputihan adalah campuran cairan dan sel yang dikeluarkan oleh vagina untuk menjaga jaringan vagina tetap sehat, lembab, dan bebas dari infeksi atau iritasi. Jika menstruasi Bunda ringan, darah mungkin juga tampak merah muda. 

2. Warna darah merah tua

Darah merah tua hanyalah darah yang telah berada di vagina lebih lama. Bahkan kadang berupa gumpalan. Pembekuan juga dianggap normal kecuali jika gumpalan lebih besar dari ukuran seperempat. 

3. Warna darah cokelat atau hitam

Ini adalah variasi warna yang terlihat pada darah yang membutuhkan waktu lebih lama untuk keluar dari vagina. Darah hitam bisa berwarna merah tua atau darah berwarna cokelat yang tampak hitam. Terkadang, saat menstruasi Bunda berakhir, darah gelap bisa bercampur dengan keputihan dan akhirnya terlihat cokelat. 

Yuk kita simak penjelasan warna darah haid lain di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang bedanya flek cokelat sebagai tanda hamil atau haid.

[Gambas:Video Haibunda]



 

program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
MERAH CERAH PERTANDA DARAH HAID SUBUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!