sign up SIGN UP search

kehamilan

Ini Alasan Natalie Margareth Pilih Lotus Birth saat Melahirkan Anak Keempat

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Kamis, 12 Jan 2023 20:50 WIB
Natalie Margareth caption
Jakarta -

Artis dan model era 90-an, Natalie Margareth sudah jarang tampil di layar kaca. Wanita 45 tahun ini tengah disibukkan dengan rutinitas mengasuh empat anaknya, Bunda.

Belum lama ini, Natalie Margareth berbagi cerita soal pola asuhnya membesarkan empat anak sebagai single parent. Ia juga menceritakan proses persalinan keempat anaknya yang berbeda.

Natalie melahirkan putra pertamanya, Gabriel Prince, melalui operasi caesar. Ia kemudian memutuskan melahirkan anak keduanya, Royce, di rumah sakit dengan proses kelahiran normal melalui water birth.


"Prince itu lahir caesar. Anak kedua belajar dan mengerti melahirkan normal dan gentle birth, Royce itu bayi pertama yang dilahirkan di rumah sakit dengan cara water birth," kata Natalie saat wawancara eksklusif dengan HaiBunda, belum lama ini.

Saat hamil anak ketiga dan keempat, Natalie lalu memutuskan untuk melahirkan di rumah. Saat itu, ia melahirkan sendiri tanpa didampingi suami dan orang tuanya.

Anak terakhir lahir dengan metode lotus birth

Anak terakhir Natalie Margaret, Max, lahir di rumah melalui metode water birth. Selama persalinan, Natalie hanya didampingi bidan dan doula.

"Max, anak terakhir, lahir di apartemen. Lahir di air cuma ditemani bidan dan teman aku pendamping persalinan atau doula," ujar Natalie.

Saat Max lahir, Natalie juga menggunakan metode lotus birth. Metode ini adalah persalinan tanpa memutus tali pusat bayi yang baru lahir.

"Anak terakhir itu lotus birth. Jadi plasentanya tidak dipotong, ditunggu sampai kering sendiri," ujar Natalie.

Bunda empat anak ini ternyata punya alasan khusus kenapa memilih melahirkan dengan lotus birth. Apa alasannya melahirkan dengan metode yang masih pro kontra di kalangan para Bunda ini ya?

"Sebelum memutuskan melakukan lotus birth, saya membaca banyak referensi yang berdasarkan banyak jurnal, dan itu dibuktikan WHO," katanya. Ia pun mengungkapkan prosedur lotus birth ini tidaklah mudah. "Setelah melahirkan 3 kali, saya memang ingin mencoba lotus birth. Dan, ini berat banget lho, waktu Max itu plasentanya baru copot setelah 13 hari!" ungkapnya.

"Berdasarkan banyak referensi, Natalie mengetahui bahwa pada metode lotus birth, semua nutrisi yang dibutuhkan anak sebenarnya sudah ada di plasentanya. "Yang aku tahu semua vitamin ada di situ dari A - Z. Wow! Kalau gitu, aku pingin tau gimana imunnya, believe it or not dia kuat banget," katanya.

Misalnya saja saat sang kakak sakit, Max kuat dan tak mudah tertular. Dan, kalaupun ia sakit flu, obatnya hanya tidur dan makan tanpa pengobatan medis yang berarti. "Apakah itu karena lotus atau bukan, yah kita percayai saja. Karena memang anaknya jadi kuat imunnya, apalagi ditambah ASI eksklusif, daya tahan tubuhnya jadi bagus," tandasnya. 

Wawancara lengkap HaiBunda dan Natalie dapat dilihat di video berikut ini ya, Bunda:

(ank/pri)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!