kehamilan

Manfaat Minum Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Radian Nyi Sukmasari 13 Agu 2017
Manfaat air kelapa untuk ibu hamil/ Foto: iStock Manfaat air kelapa untuk ibu hamil/ Foto: iStock
Jakarta - Air kelapa punya banyak manfaat untuk kesehatan. Terlebih buat Bunda yang lagi hamil, minum air kelapa bermanfaat untuk kesehatan si ibu hamil dan juga bayinya.

Seperti kita tahu, memenuhi kebutuhan mikronutrien juga penting buat ibu hamil. Nah, air kelapa kaya akan mikronutrien, utamanya vitamin dan mineral seperti kalium dan magnesium. Nah, alasan itulah yang bikin air kelapa baik dikonsumi ibu hamil.

Dikutip dari Baby Center, jangan lupa kalau ibu hamil mau minum air kelapa, pastikan beli di tempat yang bersih ya. Terus, setelah dibuka, segera minum air kelapanya. Bagaimanapun, air kelapa yang fresh lebih baik dikonsumsi dibanding air kelapa yang sudah tersedia dalam bentuk kemasan. Tapi, kalau pas lagi minum air kelapa ibu hamil merasa nggak suka rasanya atau bahkan jadi mual, nggak usah diteruskan ya.

Ketika ibu hamil minum air kelapa, apa aja sih manfaat yang bisa didapat? Ini dia Bun manfaatnya seperti dirangkum HaiBunda dari berbagai sumber.

1. Memperlancar sirkulasi darah

Nutrisi yang terkandung di air kelapa, termasuk juga air kelapa hijau bisa membantu memperlancar sirkulasi darah. Seperti diketahui, waktu hamil, volume darah di tubuh kita bertambah sampai 50 persen. Nah, buruknya sirkulasi darah di tubuh saat hamil bisa memicu masalah kayak nyeri di kaki atau kaki bengkak. Bahkan, pada beberapa kasus buruknya sirkulasi darah bisa memicu kurangnya asupan oksigen ke bayi, Bun.

Baca juga: Berkeliling Arena IORA, Jokowi dan PM Turnbull Cicipi Air Kelapa

2. Jadi sumber elektrolit

Air kelapa, termasuk air kelapa hijau bisa menyediakan elektrolit buat tubuh sehingga ibu hamil tetap terhidrasi. Nutrisi yang terkandung di dalamnya kayak kalium, kalsium, sodium, dan fosfor bisa jadi elektrolit yang baik buat tubuh ibu hamil lho. Ya, mineral-mineral tadi membantu menjaga tekanan darah tetap stabil juga menjaga cairan tubuh tetap seimbang.

Jadi, kalau ibu hamil kebetulan banyak beraktivitas atau terpapar sinar matahari dan berkeringat atau lagi diare sehingga kehilangan cairan tubuh, minum air kelapa atau air kelapa hijau bisa membantu mengganti cairan di tubuh. Jangan lupa, tetap minum air putih juga ya, Bun.

Baca juga: Inilah Alasan Mengapa Air Kelapa Murni Itu Menyehatkan

Manfaat air kelapa untuk ibu hamilManfaat air kelapa untuk ibu hamil Foto: dok.HaiBunda


3. Mencegah infeksi saluran kemih


Air kelapa merupakan agen diuretik alami dengan kandungan mineral kayak potassium dan magnesium di dalamnya. Dengan ibu hamil lebih sering buang air kecil, secara nggak langsung ibu hamil membersihkan saluran kencingnya dan dengan begitu, fungsi ginjal lebih terbantu, infeksi saluran kemih pun bisa dihindari. Jangan lupa, kalau ibu hamil terasa mau pipis, segera ke toilet ya.

4. Bantu meredakan mulas dan sembelit

Perubahan homron yang dialami ibu hamil bisa memicu masalah kayak konstipasi, gangguan pencernaan, dan heartburn. Nah, air kelapa yang kaya akan serat dan kalium bisa membantu memperbaiki sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Air kelapa juga berkhasiat memperbaiki metabolisme, Bun. Sehingga, air kelapa bisa menetralisir asam dan mengurangi heartburn. Nggak cuma itu, air kelapa juga air kelapa hijau pun berkhasiat membantu mengurangi morning sickness.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil/Manfaat air kelapa untuk ibu hamil/ Foto: iStock


5. Menjaga kondisi jantung

Air kelapa kaya akan potassium, magnesium, asam laurat, dan mineral lainnya yang bermanfaat untuk membantu mengatur tekanan darah. Nggak cuma itu, mineral kayak magnesium dan kawan-kawannya juga meningkatkan kadar kolesterol baik (High-density lipoproteins/HDL) dan mengurangi kadar kolesterol jahat (Low-density lipoproteinst/LDL).

Vitamin dan protein yang terkandung di air kelapa maupun air kelapa hijau juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung ibu hamil.

Baca juga: Selain Segar untuk Buka Puasa, Air Kelapa Bisa Bantu Turunkan Berat Badan (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi