kehamilan

Ini Lho Penjelasan Ilmiah di Balik Munculnya Baby Bump

Radian Nyi Sukmasari 13 Nov 2017
Ilustrasi baby bump saat hamil/ Foto: thinkstock Ilustrasi baby bump saat hamil/ Foto: thinkstock
Jakarta - Saat wanita hamil, baby bump bisa jadi salah satu pusat perhatian. Ya, perut yang tadinya rata sekarang jadi membuncit. Memang, ini pasti terjadi karena ada si calon bayi di dalam perut. Tapi, Bunda tahu nggak penjelasan ilmiah di balik hal itu?

Asisten Profesor di divisi endokrinologi reproduksi dan infertilitas di Yale School of Medicine, Amanda Kallen, MD bilang saat mengembang seiring pertumbuhan janin, rahim akan naik ke atas simfisis pubis. Apa itu simfisis pubis? Ini merupakan tempat tulang kemaluan bertemu di depan panggul, Bun.

"Saat itulah ibu mungkin mulai merasa atau bahkan melihat perutnya membuncit karena perut hamil kita sudah nggak 'bersembunyi' lagi di belakang tulang panggul. Biasanya, baby bump mulai terlihat di usia kehamilan 10 sampai 12 minggu," kata Amanda, dikutip dari Women's Health.



Dia mengingatkan, baby bump yang dimiliki ibu memang berbeda-beda. Bahkan, ada yang terlihat besar sekali ada yang kelihatan kecil. Kata Amanda, lebih banyak anak yang dimiliki ibu, baby bump akan lebih mudah muncul di kehamilan berikutnya. Kenapa? Karena otot yang membentuk dinding perut sedikit lebih longgar akibat kehamilan sebelumnya.

"Wanita yang lebih kurus baby bump-nya lebih cepat terlihat karena memang perut mereka lebih kecil," ujar Amanda.

Nggak perlu khawatir, Bun, sama baby bump yang sering banget dikomentari orang lain terlalu besar atau kecil. Selama nggak ada keluhan berarti seperti morning sickness parah dan berat badan kita masih terpantau normal walaupun ada kenaikan, hal tersebut masih normal kok.

Sementara itu, dr Aryando Pradana SpOG yang akrab disapa dr Nando dari RS Bunda Jakarta bilang seiring bertambahnya usia kehamilan, rahim bakal membesar, Bun. Nah bagian atas rahim atau biasa disebut fundus juga ikut menonjol. Misalnya di usia kehamilan 20 minggu, ada yang tingginya sampai di pusar. Tapi, ada juga ibu hamil yang usia kandungannya belum 20 minggu perutnya udah besar.

"Ini karena lapisan lemak di perutnya yang tebal. Makanya ada orang yang badannya kecil tapi baru hamil beberapa bulan perutnya udah membesar. Sebaliknya, ada ibu hamil yang badannya besar tapi baby bump-nya nggak terlalu besar padahal usia kehamilannya sudah berapa bulan," kata dr Nando dalam wawancara dengan detikHealth.


Dia menambahkan, pada dasarnya proporsi rahim satu wanita dengan yang lain saat mengandung sama aja. Cuma, lapisan lemak yang ada di perutlah yang bikin baby bump masing-masing ibu kelihatan berbeda. (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi