kehamilan

Doula, Pendamping Persalinan yang Ngetren di Kalangan Selebritas

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 16 Jan 2019 - 19.17 WIB
Doula, pendamping persalinan/ Foto: iStock Doula, pendamping persalinan/ Foto: iStock
Jakarta - Saat menjalani proses persalinan butuh ketenangan dan kenyamanan ya, Bun. Tidak mengherankan, banyak yang tertarik menggunakan jasa doula atau pendamping persalinan, termasuk para selebriti Tanah Air.

Tren menggunakan jasa doula saat melahirkan memang sedang booming, Bunda. Selain mendampingi, seorang doula profesional bertugas menjaga kenyamanan Bunda sampai hari persalinan tiba.

Sebut saja nama Ardina Rasti, yang belum lama ini melahirkan melalui persalinan normal. Istri Arie Dwi Andhika ini menggunakan jasa doula saat melahirkan anak pertamanya. Rasti sukses melewati persalinan normal saat melahirkan buah hatinya, dengan panjang 50 cm dan berat 3 kg pada 8 Desember 2018. Melalui Instagram, Rasti menyampaikan terima kasih kepada keluarga dan doula yang mendampinginya selama proses persalinan.

Padahal, keinginan Rasti untuk melahirkan secara normal hampir saja tidak terwujud lho, Bun. Lantaran, bayi di kandungannya mendadak berubah posisi saat hari H persalinan. Untungnya, berkat pendampingan dari doula, keinginan Rasti melahirkan normal berjalan tenang, aman, dan lancar.

Selain Rasti, selebriti lainnya yang turut menggunakan jasa doula yakni Nagita Slavina, Olivia Jensen, Anna Gilbert, dan lainnya. Ya, kehadiran doula memberi pengaruh besar selama kehamilan dan persalinan. Bahkan, mereka masih akan mendampingi Bunda pasca lahiran.


Sejatinya, kehadiran doula tidak saja sekadar mendampingi selama proses persalinan. Tapi, harus mampu membuat Bunda merasa tenang agar dapat melahirkan dengan lancar, nyaman serta minim rasa sakit.

Oh ya, Bun, tren menggunakan doula ini muncul bukan tanpa alasan ya. Semua wanita tentunya ingin kehamilannya lancar, serta melewati persalinan nyaman dan minim sakit. Karenanya, kehadiran doula sangat membantu mewujudkan pengalaman melahirkan wanita manapun dengan tenang dan tentunya menyenangkan ya Bun.

Seperti diulas Parents, ada banyak alasan mengapa wanita hamil menginginkan keberadaan doula di sisi mereka.

Doula, Pendamping Persalinan yang Ngetren di Kalangan SelebritasIlustrasi doula, pendamping persalinan/ Foto: iStock


"Doula penting bagi wanita karena tujuan mereka memberikan dukungan fisik, emosional, dan informasi selama persalinan tanpa tindakan medis apa pun,"kata Ami Burns, seorang childbirth educator dan doula di Chicago serta pendiri Birthtalk.com.

Selain doula, tim sukses kelahiran Bunda tentunya kehadiran pasangan, dokter, perawat, anggota keluarga, dan lainnya. Tetapi selama persalinan mungkin saja mereka memiliki fokus pada hal-hal lain. Doula akan sangat berperan ketika pasangan ketakutan melihat darah selama proses persalinan. Dia akan mendampingi Bunda, menyimak penjelasan dokter mengenai proses pembukaan. Seorang doula akan berdiri setiap saat di sisi Bunda untuk memenuhi semua yang kebutuhan yang dibutuhkan, dalam menciptakan pengalaman kelahiran yang positif.

Menggunakan jasa doula selama persalinan, dapat mengurangi waktu persalinan Bunda secara signifikan. Ada banyak manfaat lain dari kehadiran doula yakni tingkat yang lebih rendah dari risiko caesar, lebih sedikit menggunakan epidural, dan lainnya.

"Seorang wanita mungkin merasa lebih diberdayakan untuk membuat keputusan atas namanya sendiri. Juga, karena ia merasa didukung, maka ia akan mengalami lebih sedikit rasa sakit. Dan semakin sedikit stres yang dialami wanita, persalinan yang lebih cepat mungkin terjadi karena hormon stres dapat menghambat produksi oksitosin yang menyebabkan kontraksi,"jelas Tortelli, President of DONA International dan doula di Cleveland.

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi