kesehatan

Bun, Jangan Cium Bibir Bayi yang Belum Punya Gigi Ya

Melly Febrida Minggu, 11 Mar 2018 - 17.37 WIB
Bun, Jangan Cium Bibir Bayi yang Belum Punya Gigi Ya/ Foto: thinkstock Bun, Jangan Cium Bibir Bayi yang Belum Punya Gigi Ya/ Foto: thinkstock
Jakarta - Orang tua pastinya seneng menciumi si buah hati. Entah itu di kening, pipi, atau di bibir. Nah, kalau anak belum tumbuh giginya jangan sekali-kali coba mencium bibir si kecil. Bun. Ini peringatan dari dokter gigi lho. Hmmi kenapa ya?

Kita pastinya sering melihat selebriti yang mencium bibir anaknya, baik itu seleb lokal ataupun internasional. Soal mencium bibir bayi sebenarnya juga jadi perdebatan, Bun. Ada yang menyarankan jangan mencium anak di bibir, tapi sebagian lain melakukannya karena ungkapan sayang.

David Beckham, Katie Price dan Olivia Wilde termasuk tiga dari ibu dan ayah yang mendapat kecaman karena suka menciumi anak-anak di bagian bibirnya. Umumnya banyak yang keberatan karena mencium di bibir itu nggak tepat atau kotor. Salah satunyang keberatan dengan kegiatan mencium bibir bayi adalah dokter gigi. Hmm apa alasannya ya?

Salah seorang dokter gigi di Wimpole Street Dental, drg Richard Marques, mengungkapkan keprihatinannya tentang mencium bibir anak. Khususnya pada anak yang belum tumbuh giginya. Demikian seperti dilansir Mirror.



drg Richard menjelaskan gigi bayi tidak mampu melawan efek bakteri yang merusak. Tapi bayi jadi lebih rentan terhadap infeksi apabila terpapar bakteri yang bikin gigi rusak, meski gigi bayi belum muncul.

"Gigi bayi memiliki jenis enamel dan dentin yang berbeda dengan gigi orang dewasa. Emailnya lebih tipis pada gigi bayi. Ini tidak sekuat email dewasa sehingga lebih cenderung membusuk," tutur drg Richar.

Kata drg Richard, orang tua harusnya memperhatikan transfer air liur ke bayi-bayi mereka jika ciuman ke bibir dilakukan. Ciuman dari orang tua ke bibir bayinya bisa menyebarkan bakteri seperti Streptococcus mutans, penyebab kerusakan pada gigi.

"Bahkan bisa mempengaruhi jaringan lunak dan gusi sebelum gigi bayi berkembang," lanjut drg Richard.

Selain itu, drg Marques bilang bayi bisa terkena virus flu atau kondisi seperti sariawan, yang disebabkan oleh herpes simplex virus-1 (HSV-1). Nggak cuma mencium bibir, Bun, drg Richard juga menyarankan agar ayah dan bunda tidak berbagi alat makan dengan anak mereka atau meniup makanan mereka.

"Bawa anak Anda ke dokter gigi secara teratur. Bayi bisa diajak pergi ke dokter gigi sejak enam bulan ketika gigi pertama tumbuh," tambahnya.



Nah, di usia dua sampai tiga tahun, anak harus periksa ke dokter gigi setiap enam bulan untuk memeriksa rongga dan memeriksa seberapa baik gigi mereka berkembang.

dr Meta Hanindita, SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya beberapa waktu lalu mengatakan beberapa penyakit memang bisa ditularkan melalui ciuman. Misalnya saja infeksi mononukleosis, herpes, batuk pilek, hingga flu Singapura. (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi