aktivitas

Cium Bibir Anak Sebagai Tanda Sayang, Yay or Nay?

Radian Nyi Sukmasari 12 Okt 2017
Ilustrasi mencium anak/ Foto: Thinkstock Ilustrasi mencium anak/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Mencium bisa jadi salah satu ekspresi sayang kita sebagai orang tua ke si kecil ya. Begitupun ketika anak mengungkapkan sayang ke Bunda atau Ayahnya, dia bisa mencium kita. Senangnya! Eh, tapi kalau menciumnya di bibir gimana ya?

Baru-baru ini, aktris Olivia Wilde membagikan momen kebersamaannya dengan anak laki-lakinya, Otis, yang lagi mandi. Anak Olivia umurnya 3 tahun, Bun. Dalam foto yang diunggah Olivia di akun instagramnya @oliviawilde, terlihat si kecil lagi berendam di bathtub. Lalu, Olivia mengecup bibirnya.

"Menemukan harapan di sini," tulis Olivia disertai simbol hati. Diunggah pada pada Rabu (4/10) lalu, foto Olivia dan Otis mendapat like dari lebih 113 ribu netizen. Tapi, Bun, ada netizen yang berkomentar kalau ciuman yang dilakukan Olivia bareng Otis ini kurang pantas.

[Gambas:Instagram]



Meski begitu, ada juga netizen yang membela Olivia. Menurut beberapa netizen, ciuman Olivia dan Otis adalah wujud sayang natural seorang ibu untuk anaknya dan nggak ada aspek seksual di sini seperti layaknya seorang istri memberi kecupan bibir ke suaminya. Ini bukan yang pertama kalinya terjadi, Bun.

Beberapa waktu lalu, aktris Hillary Duff juga dikritik karena memberi ciuman bibir untuk putranya saat mengunjungi Disneyland. Tapi, Hillary angkat bicara dan melakukan pembelaan atas hal itu.

Baca juga: Muah! Saat si Kecil Memberi Kita 'Sun Basah'

"Untuk siapapun yang berkomentar kalau ciuman bibir saya dengan anak saya yang berumur 4 tahun nggak pantas, silakan klik unfollow secepatnya dengan pikiran Anda yang judgemental," kata Hillary, dikutip dari Today. Bahkan, pesepakbola David Beckham juga menuai kritikan setelah ia membagikan fotonya sedang mengecup bibir si kecil Harper saat usianya belum 6 tahun.

Soal mencium anak di bagian bibir, psikolog anak dan remaja dari RaQQi Human Development and Learning Centre Ratih Zulhaqqi bilang memang mencium anak di bibir sebetulnya suatu bentuk kissing seperti di pipi walaupun ada juga beberapa anak yang menganggap mulut itu kotor dan jadi sumber kuman. Tapi, Bun, kata Ratih ada baiknya kalau kita mau posting foto itu di medsos, izin dulu ke si kecil ya.

"Bisa jadi anak malu. Jadi artinya kita menghargai hak anak. Ciuman bibir sama anak juga sebetulnya kembali lagi pada nilai yang dianut masing-masing keluarga. Kan ada beberapa orang yang berpikir ciuman bibir identik dengan ciuman yang dilakukan orang dewasa dan terkesan erotis. Tapi, ada juga yang menilai ciuman seperti itu apalagi dilakukan sama anak cuma lucu-lucuan di mana mulut keduanya kayak manyun," kata Ratih dalam wawancara dengan detikHealth.

Dianggap biasa atau nggaknya ciuman bibir dengan anak juga nggak lepas dari kebiasaan keluarga dan juga nilai yang dianut dalam keluarga tersebut. Nah, kalau menurut Bunda gimana soal mencium bibir si kecil sebagai tanda sayang?

Baca juga: Ketika Anak di Bawah 2 Tahun Sudah Main Gadget (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait
Rekomendasi