kesehatan

5 Tips Mengatasi Bayi Tumbuh Gigi

SIti Hafadzoh Selasa, 25 Sep 2018 - 07.06 WIB
Tips Mengatasi Bayi Tumbuh Gigi/ Foto: thinkstock Tips Mengatasi Bayi Tumbuh Gigi/ Foto: thinkstock
Jakarta -

Bayi sering rewel? Bisa jadi dia sedang tumbuh gigi. Memang, ketika tumbuh gigi bayi jadi sering menangis dan sulit tidur. Mungkin ini disebabkan karena rasa gatal pada gusinya. Nah, Bunda, ada nih lima tips mengatasi bayi tumbuh gigi yang bisa Bunda coba di rumah.

Dilansir Medical News Today, tumbuh gigi pada bayi biasanya terjadi pada usia 6-12 bulan. Gigi yang pertama kali muncul biasanya gigi depan bagian bawah. Gejala tumbuh gigi antara lain menggigit benda, sering menangis, sulit tidur, dan suhu tubuh meningkat. Jika Bunda melihat gejala tersebut pada anak usia 6-12 bulan, bisa jadi si kecil memang sedang tumbuh gigi.

Nah, Bunda, berikut lima tips mengatasi bayi tumbuh gigi yang bisa dipraktikkan.

1. Mengeringkan Air Liur

Bunda bisa membersihkan air liur si kecil dengan lap kering yang bersih. Jika tidak dibersihkan, air liur yang berlebih akan menimbulkan iritasi di kulit si kecil lho, Bun.

2. Memberi Pijat Lembut di Gusi

Gosok atau pijat perlahan gusi tempat tumbuh gigi. Bunda bisa menggosoknya perlahan menggunakan jari yang bersih. Tujuannya, untuk mengurangi rasa sakit pada gusi.

Tips Mengatasi Bayi Tumbuh GigiTips Mengatasi Bayi Tumbuh Gigi/ Foto: thinkstock

3. Kompres Gusi

Kompres gusi bayi pakai air dingin, sendok dingin, atau theeting ring. Tapi, jangan berikan teething ring yang beku pada bayi ya karena ini akan membahayakan kesehatan giginya.

4. Beri Makanan Keras

Bunda bisa memberikan sayuran seperti wortel dan timun atau biskuit bayi untuk mengatasi rasa gatal pada gusi. Terlebih, sayuran dan biskuit bisa dijadikan sebagai makanan selingan si kecil kan, Bun?

5. Beri Obat Bila Diperlukan

Jika si kecil terus rewel, Bunda boleh memberikannya obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan acetaminophen. Perlu diingat, penggunaan obat penghilang rasa sakit tidak boleh lebih dari dua hari tanpa resep dokter ya, Bun. Jika ragu, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter anak si kecil.

Dikutip dari detikcom, dokter gigi di poli umum Kementerian Kesehatan, drg Indra Dharmawan mengatakan ingin menggigit-gigit saat bayi tumbuh gigi karena gusinya
gatal.

5 Tips Mengatasi Bayi Tumbuh GigiTips Mengatasi Bayi Tumbuh Gigi/ Foto: thinkstock


"Kan ada mainannya tuh yang bisa digigit kaya karet gitu. Atau bisa juga pakai makanan. Biskuit-biskuit bayi itu kan lumayan keras dan lebih efektif juga kan jadinya," ujar drg Indra.

Ketika memberikan makanan pada bayi, perhatikan keamanannya juga ya, Bun. Tetap awasi mereka saat mengunyah makanan agar tidak tersedak. Jika si kecil mengalami beberapa gejala yang lebih serius, segera bawa dia konsultasi ke dokter ya.



(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi