kesehatan

Memasak Pakai Wajan Gosong Disebut Bisa Picu Kanker, Bun

Ratih Wulan Pinandu Rabu, 30 Jan 2019 - 07.16 WIB
wajan gosong sebabkan kanker/ Foto: iStock wajan gosong sebabkan kanker/ Foto: iStock
Jakarta - Bunda, suka memperhatikan peralatan memasak yang digunakan sehari-hari nggak sih? Ada wajan atau panci gosong nggak nih? Kalau ada sebaiknya jangan digunakan untuk memasak ya, Bun.

Ditilik dari tayangan Dr.Oz Indonesia Trans TV, wajan gosong ternyata mengandung zat akrilamida yang bisa memicu kanker. Hal simpel yang ternyata berujung bahaya ya, Bun.

Melansir UPMC Health Beat, banyak orang yang merasa sudah menjaga pola makannya namun masih terkena kanker. Ternyata, satu hal yang tidak mereka sadari adalah panci atau wajan yang dipakai untuk memasak makanannya berkontribusi memicu kanker.


Alumunium, besi cor dan steinless steel adalah pilihan peralatan masak yang bagus, dan tidak membahayakan. Setidaknya, efek samping ketiga bahan itu lebih sedikit dibanding bahan lainnya.

"Teflon masih mengundang sejumlah kecil tapi signifikan PFOA (asam perfluorooctanoic yang banyak dikaitkan dengan penyebab infertelitas, gangguan belajar dan berat badan), yang digunakan dalam pembuatannya," ungkap Simona Balan, ilmuwan senior di Green Science Policy Institute dikutip dari Telegraph.

Saat ada makanan sisa, lebih baik disimpan dalam wadah kaca, bukan alumunium atau plastik. Sedangkan, untuk mengaduk masakan gunakan sendok kayu, silikon atau spatula ya, Bun, demi meminimalisir risiko terkena kanker.

Memasak Gunakan Wajan Gosong, Bisa Sebabkan Kanker LhoWajan gosong sebabkan kanker/ Foto: iStock


Namun, wajan dan panci anti lengket justru lebih sering kita gunakan ya, Bun. Padahal, wajan dengan bahan anti lengket sangat mudah terkelupas kan?

Untuk lebih aman, Bunda disarankan untuk membuang peralatan masak yang bebas dari retakan atau tepian kasar yang dapat menjebak bakteri. Buang semua peralatan masak dengan lapisan anti lengket yang terkelupas.

Selanjutnya, yang perlu Bunda lakukan adalah membatasi makanan asam yang dimasak dan disimpan dalam panci logam. Contohnya jeruk, cuka dan tomat yang dapat meningkatkan jumlah logam keluar dari peralatan masak tersebut.

Namun, jika Bunda di rumah ada wajan dan panci gosong jangan buru-buru di buang ya! Bisa diatasi dengan cara mudah, untuk membuat wajan bebas dari noda gosong tersebut.

Sediakan cuka masak dan spons cuci piring untuk menggosok wajan tersebut. "Pertama, tuangkan cuka ke atas noda gosong di wajan, lalu gosok dengan spons cuci piring yang bagian hijaunya untuk menghilangkan keraknya. Untuk hidup sehat nggak gampang tapi, daripada kena ke ginjal dan saraf ya kan," ungkap dr Alberta Claudia, di acara dr Oz Indonesia.

Ingat ya, Bun, jangan menggunakan sabut atau sikat yang keras agar tidak menyebabkan permukaan wajan tergores. Sehingga menyebabkan bahaya kesehatan lainnya.

Selamat mencoba!


[Gambas:Video 20detik]

(rap/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait
Rekomendasi