menyusui

Cerita Ibu Masih Menyusui Anaknya yang Berumur 7 Tahun

Niken Widya Yunita Selasa, 03 Jul 2018 15:05 WIB
Cerita Ibu Masih Menyusui Anaknya yang Berumur 7 Tahun
Australia - Seorang ibu biasanya menyusui anak hingga umur 2 tahun. Namun ibu ini berbeda dari yang lain. Dia masih menyusui anaknya yang berumur 7 tahun. Kok bisa?

Adalah Lisa Bridger, seorang ibu asal Australia. Ibu ini memiliki lima anak. Nah, anak yang masih disusuinya ini bernama Chase dan berkebutuhan khusus, Bun.




Lisa mengungkapkan alasan dia masih menyusui Chase. Menurut Lisa, dengan menyusui, dirinya dapat membantu menenangkan Chase.

"Ini membantunya menenangkan kembali setelah dia 'mengamuk'. Dia tidak minum obat (penenang). Susuku mengandung melatonin yang membantunya tidur," ujar Lisa seperti dikutip dari Popsugar.

Lisa menjelaskan rata-rata dia memberikan ASI pada semua anak-anaknya sampai mereka berusia antara 3-4 tahun. Tetapi bagi Chase, yang memiliki masalah sensorik, menyusui merupakan 'zat tambahan' yang sangat dibutuhkan untuk kenyamanan.

"Dia benar-benar tenang ketika menyusu, sehingga saya tidak berpikir itu hanya sekadar susu. Dia merasakan kulit dan mendengar detak jantung saya. Ini (payudara) selalu menjadi tempatnya yang aman," kata Lisa.

Lisa sendiri bekerja di perusahaan organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk membantu para ibu kembali menyusui anak-anaknya. Karena itu tidak mengherankan bila Lisa sangat mendukung pemberian ASI.



Tapi sebenarnya aman nggak sih menyusui anak yang usianya sudah dia atas dua tahun? dr Ameetha Drupadi, CIMI dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan mengatakan kandungan ASI-nya memang nggak berbahaya, Bun. Cuma, yang perlu kita ingat, untuk anak usia 2 tahunan, ASI cuma bisa memenuhi nutrisinya sekitar 30 persen. Sisanya dipenuhi lewat makanan lainnya.

Soal menyapih anak, dr Wiyarni Pambudi SpA, menyatakan berdasarkan kajian antropologi, menyapih bisa dilakukan anak sejak usia 6 bulan sampai 5 tahun atau 2 sampai 7 tahun. Dengan mempersiapkan anak disapih sebelum berumur 2 tahun, diharapkan anak tidak akan merasa terpaksa ketika berhenti menyusu di usia 2 tahun. (nwy)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi