menyusui

Ibu Menyusui Makan Pedas Bisa Picu Bayi Diare?

Radian Nyi Sukmasari Minggu, 15 Jul 2018 12:00 WIB
Ibu Menyusui Makan Pedas Bisa Picu Bayi Diare?
Jakarta - Terkait konsumsi makanan ibu menyusui, salah satu nasihat yang sering banget didengar adalah ibu menyusui baiknya nggak makan makanan pedas, soalnya nanti si bayi bisa diare. Bunda juga pernah dengar nasihat kayak gitu?

Soal anjuran ibu menyusui baiknya hindari makanan pedas supaya bayi nggak diare, konselor laktasi dari RS Sari Asih Ciputat dr Hikmah Kurniasar MKM, CIMI bilang pada prinsipnya ibu menyusui silakan makan sesuai kebiasaan dan dengan gizi seimbang. Gimana dengan konsumsi makanan pedas pada ibu menyusui?

"Nggak ada hubungan ibu makan pedas dengan bayi yang kemudian jadi mencret atau diare. Biasanya ketika ibu menyusui makan makanan pedas, concern-nya itu lebih ke ketika ibu kepedasan jadi kurang nyaman ketika merawat bayinya," kata dr Hikmah waktu ngobrol sama HaiBunda.


Apalagi kalau ibu sampai diare, pastinya lebih sering bolak-balik ke toilet dan itu mengganggu proses menyusui kan, Bun. Ya, ketika sedang menyusi tiba-tiba perut mulas dan Bunda ingin ke toilet. Waduh, si kecil bisa rewel deh karena menyusunya belum tuntas.



dr Hikmah menambahkan misalkan ibu udah biasa konsumsi makanan pedas, selama menyusui pun seharusnya nggak ada efek apa-apa. Kata dr Hikmah, pada bayi yang minum ASI memang BAB-nya lebih encer dan lebih sering karena ASI lebih mudah dicerna. Nah, kondisi itu sering disebut sebagai bayi yang diare karena dikaitkan dengan konsumsi makanan pedas ibu menyusui.

Selain itu, sering banget ketika ibu menyusui makanan pedas dikhawatirkan biji cabai ada di feses bayi. Apa benar bisa begitu?

"Sering banget dikira butiran yang ada di feses bayi itu biji cabai. Padahal itu ampas feses biasa, bukan biji cabai," ujar dr Hikmah yang juga merupakan anggota Sentra Laktasi Indonesia (Selasi) ini.

dr Hikmah mengingatkan ibu menyusui perlu memantang makanan yang dikonsumsi jika memang ada alergi pada si ibu atau bayinya dan kemudian ada penyakit penyerta pada si ibu. Misalnya jika ibu terkena diabetes berarti konsumsi kudapan manis mesti dibatasi.

(rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi