menyusui

Daftar Asupan yang Bisa Jadi ASI Booster Ibu Menyusui

Asri Ediyati 13 Okt 2017
Daftar asupan yang bisa jadi ASI booster/ Foto: Thinkstock Daftar asupan yang bisa jadi ASI booster/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Menyusui adalah hal vital antara ibu dengan anak. Selain proses bonding, pemberian ASI tentunya akan memberikan nutrisi terbaik untuk anak. Nah, asupan nutrisi bunda memegang peranan penting pada kualitas ASI yang diberi ke si kecil.

Buat Bunda yang lagi menyusui, nggak ada salahnya mengonsumsi sebelas makanan yang baik banget untuk kualitas ASI. Apa aja? Ini dia makanan-makanan tersebut seperti dirangkum HaiBunda.

1. Gandum (Oatmeal)

Gandum (Oatmeal)Gandum (Oatmeal)/ Foto: Thinkstock

Gandum (oatmeal) mengandung karbohidrat kompleks yang membuat Bunda akan merasa kenyang lebih lama. Selain itu, gandung juga bisa jadi ASI booster lho! Bunda perlu tahu, gandum juga kaya akan zat besi, protein, dan serat. Untuk ibu menyusui, lebih disarankan mengonsumsi oatmeal non-instant, Bun.

2. Telur

TelurTelur./ Foto: Istimewa

Telur masuk dalam list makanan pantangan yang memicu alergi. Tapi, kalau si kecil nggak memiliki alergi apapun, nggak ada salahnya Bunda menikmati salah satu bahan makanan terbaik ini. Telur rebus mengandung banyak sekali vitamin D yang sulit ditemukan di makanan lainnya. Selain itu, telur juga merupakan sumber protein alami.

3. Sayuran Hijau
BrokoliBrokoli./ Foto: Thinkstock


Bunda dan si kecil butuh banget vitamin A, zat besi, kalsium dan asam folat. Sayur-sayuran hijau seperti bayam, katuk, brokoli dan kale adalah beberapa contoh sayuran hijau yang banyak mengandung zat-zat tersebut sehingga baik dikonsumsi saat Bunda sedang menyusui.

Baca juga: Bumil, Ini Pentingnya Makan Nggak Asal Kenyang

4. Buah Beri

Buah BeriBuah Beri./ Foto: Thinkstock

Camilan sehat lainnya yakni berbagai buah beri yang bisa dinikmati dalam bentuk segar dan kering. Beberapa buah beri yang baik untuk dikonsumsi adalah blueberry, stroberi, raspberry dan cranberry. Buah beri mengandung banyak antioksidan dan serat. Kalau lagi makan oatmeal, bisa banget Bunda tambahkan buah ini supaya sajian oatmeal-nya makin nikmat.

5. Minyak Kelapa

Minyak KelapaMinyak Kelapa./ Foto: Thinkstock

Minyak kelapa sangat baik dan aman untuk memasak dan memanggang. Minyak kelapa mengandung asam laurat yang penting buat ibu menyusui. Seperti kita tahu, minyak kelapa bisa dijadikan pengganti minyak sawit di rumah, Bun.

6. Kacang Almond

AlmondAlmond./ Foto: Thinkstock

Semua yang terbuat dari kacang almond sangat baik untuk dikonsumsi ibu menyusui. Mulai dari susu almond sampai mentega dari almond bisa menambah produksi ASI. Kacang almond juga mengandung DHA, kalsium dan magnesium.

7. Ikan

Ikan SalmonIkan Salmon./ Foto: iStock


Ketika menyusui, semua ibu yang ingin mengonsumsi ikan pasti agak 'picky' dalam memilihnya, karena beberapa ikan mengakumulasi logam berat seperti merkuri dan timbal di tubuhnya. Nah, kalau Bunda yang lagi menyusui mau makan ikan, disarankan memilih ikan laut dalam seperti tuna dan salmon. Selain tubuhnya nggak tercemar polutan, kedua jenis ikan ini mengandung banyak Omega-3 dan protein.

8. Quinoa

QuinoaQuinoa./ Foto: Thinkstock

Quinoa adalah spesies tanaman biji-bijian yang bijinya dapat dimakan. Quinoa berasal dari wilayah pegunungan Andes di Peru, Bolivia, Ekuador, dan Kolombia. Nah, ternyata Bun, biji-bijian ini sudah dikonsumsi sejak ribuan tahun lalu. Banyak pakar yang setuju dan mengakui keajaiban dari quinoa yang bisa dijadikan ASI booster. Selain itu, quinoa banyak mengandung protein, asam amino, fosfor dan zat besi. Di Indonesia, quinoa bisa didapatkan secara online, Bun.

Baca juga: Tips Tetap Makan Sehat Tanpa Banyak Usaha Saat Hamil

9. Alpukat

Alpukat./Alpukat./ Foto: iStock

Buah alpukat mengandung banyak lemak sehat yang sangat baik untuk bayi baru lahir. Selain sumber vitamin A, C, D, E dan K, alpukat juga mengandung Omega-3 dan asam folat yang bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan otak dan tubuh bayi. Selain mengandung serat yang menyehatkan pencernaan, alpukat juga mengandung flavonoid dan antibakteri untuk kesehatan gigi anak.

10. Yoghurt

Yoghurt,/Yoghurt./ Foto: Thinkstock

Yoghurt adalah salah satu makanan dengan probiotik yang baik untuk pencernaan ibu dan anak. Yoghurt mengandung kalsium, potassium dan vitamin D yang penting untuk pertumbuhan tulang si kecil. Makan satu gelas yoghurt per hari bisa menyuplai sekitar 15-45 persen kalsium dan potassium yang dibutuhkan tubuh tiap hari lho.

11. Biji-bijian

Biji-bijian./Biji-bijian./ Foto: Thinkstock

Biji-bijian bisa menjadi makanan tambahan untuk ibu menyusui. Seperti biji rami, biji wijen, biji chia dan biji fumayin yang merupakan sumber asam amino esensial. Selain itu, biji-bijian tersebut juga bisa jadi sumber vitamin dan mineral. Kalau mau mengonsumsi biji-bijian, Bunda bisa menambahkannya ke salad atau smoothie. (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi