menyusui

10 Perlengkapkan Menyusui yang Perlu Dimiliki Ibu Baru

Melly Febrida Rabu, 02 Jan 2019 07:33 WIB
10 Perlengkapkan Menyusui yang Perlu Dimiliki Ibu Baru
Jakarta - Bagi sebagian ibu, produk menyusui bisa bantu memudahkan kegiatan menyusui. Setuju ya, Bun?

Misalnya, bantal untuk menyusui sampai pelindung puting. Nah, bagi Bunda yang baru melahirkan atau bahkan menyusui pertama kali, ada produk yang layak dicoba untuk memudahkan proses menyusui. Berikut daftarnya seperti sampaikan Rebecca Brown dari Popsugar:

1. Nipple Balm, Shoote and Moisturizer

Awal-awal menyusui bisa bikin puting lecet ya, Bun. Kata Rebecca, nipple balm membantu melembabkan agar puting nggak mudah lecet-lecet.


2. Maternity Bra (bra menyusui)

Buat Bunda yang mempersiapkan kehadiran sang buah hati, umumnya nggak ketinggalan memasukkan bra menyusui dalam daftar belanja. Macam-macam tipenya, ada yang kawat atau tanpa kawat. Tergantung selera sih Bun, kalau saya pribadi lebih memilih yang tanpa kawat.

Bunda yang senang berolahraga, Rebecca mengatakan, sport bra untuk menyusui bisa memberikan dukungan yang bunda harapkan ketika berolahraga.

3. Bantal menyusui

Sewaktu anak pertama, bantal menyusui saya berguna banget. Apalagi saya melahirkan melalui operasi caesar. Memakai bantal menyusui bisa memberi dukungan yang pas. Saya juga bisa lebih mudah memposisikan anak.

ilustrasi menyusuiilustrasi menyusui/ Foto: Nurvita Indarini
4. Breast pump (pompa ASI)

"Ada banyak merk pompa ASI di pasaran dan biasanya itu cocok-cocokan. Pompa ASI disesuaikan dengan kebutuhan dan keterjangkauan Bunda ya," ujar Rebecca.

5. Sabun perlengkapan bayi

Kembali lagi, ini tergantung pilihan Bunda. Yang pasti pilih sabun untuk perlengkapan si kecil yang berkualitas dan cocok untuk kulit si kecil ya.

6. Nipple shield

Nipple shield, kata Rebecca bisa digunakan para ibu yang sulit menyusui. Ada berbagai ukuran sehingga perhatikan ukurannya sebelum memesan. Beberapa ibu bahkan menggunakan nipple shield ketika memompa sebagai lapisan pelindung.

7. Kantung penyimpanan ASI

"Apabila Bunda berencana menyimpan ASI perah atau ingin kembali bekerja serta berencana memompa ASI, kantung penyimpanan ASI bisa menjad pilihan selain botol," ujar Rebecca.


8. Botol air

Menyusui dan memompa ASI bisa membuat Bunda sanga haus. Cobalah mengisi air di dalam botol yang diletakkan dekat dengan bunda sehingga bisa mengaksesnya dengan mudah.

9. Burp cloths

Ini kain panjang yang diletakkan di bahu. Gunanya untuk mengalasi pakaian bunda jika tiba-tiba bayi bersendawa dan gumoh, sehingga tak langsung membasahi pakaian Bunda. Sekaligus melapisi bekas gumohan bayi di mulutnya.

10. Nursing cover

Rebecca mengatakan, apabila Bunda berencana menyusui si kecil di depan umum, kini tak perlu lagi sibuk mencari tempat tertutup. Bunda bisa menyusui dengan nyaman di mana saja dengan tertutup.

Beberapa produk di atas sebagai salah satu untuk mendukung kesuksesan ibu menyusui. Alison McFadden dan rekan-rekannya dari Mother and Infant Research Unit, University of Dundee, Inggris, melakukan penelitian untuk melihat bentuk dukungan apa yang bisa meningkatkan peluang kesuksesan pemberian ASI eksklusif oleh ibu menyusui.

"Hasil penelitian mengungkapkan, dukungan, apapun bentuknya, sangat membantu ibu menyusui. Dukungan berupa pujian, memberi semangat, memberi informasi positif hingga bersedia ditanya soal hal-hal yang berhubungan dengan Menyusui. Pemberian dukungan bisa dilakukan oleh siapa saja, namun manfaat terbesar datang dari petugas kesehatan," tutur Alison.

"Dukungan yang baik bisa membantu ibu memberikan ASI eksklusif sekaligus memperpanjang masa menyusui bayi," tambahnya, dikutip dari Reuters.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi