menyusui

Adik Jan Ethes Lahir, Ini 7 Tips Menyusui Usai Caesar

Annisa Karnesyia Jumat, 15 Nov 2019 19:20 WIB
Adik Jan Ethes Lahir, Ini 7 Tips Menyusui Usai Caesar
Jakarta - Menantu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), Selvi Ananda baru saja melahirkan anak keduanya di RS PKU Muhammadiyah Solo pada Jumat (15/11/2019). Selvi melahirkan secara caesar, Bun.

Anggota tim dokter yang menangani Selvi, dr.Soffin Arfian, Sp OG, mengatakan bahwa keputusan melahirkan secara caesar telah melalui pertimbangan. Operasi pun hanya berlangsung sekitar satu jam.

"Persalinannya dengan cara operasi caesar atas indikasi yang kuat untuk operasi caesar dan alhamdulillah semua sehat," kata Soffin.


Soffin juga mengatakan jika saat ini kondisi Selvi dan bayinya sehat, Bun. Istri Gibran Rakabuming itu akan dibawa ke kamar untuk segera menyusui buah hatinya.

"Kondisi bayi dan ibu sehat, dan sekarang sedang menuju kamar supaya bisa menyusui," ujar Soffin, dikutip dari detikcom.

Gibran bersama tim medis melakukan konfrensi persGibran bersama tim medis melakukan konfrensi pers/ Foto: Bayu Ardi Isnanto

Setelah melahirkan tentu langkah selanjutnya bagi Selvi adalah melakukan inisiasi menyusui dini (IMD). Bagi beberapa ibu, tantangan menyusui setelah operasi caesar pasti enggak mudah.

"Direncanakan atau tidak, operasi caesar dapat memengaruhi pemberian ASI. Tentu saja, ini bukan berarti ibu tidak menyusui karena sangat mungkin untuk menyusui dengan sukses setelah operasi caesar," kata dokter obgyn Meredith Shur, MD, dilansir Very Well Family.

Nah, berikut 7 tips sukses menyusui setelah melahirkan caesar seperti Selvi:

1. Segera menyusui setelah operasi caesar

Jika Bunda mendapatkan anestesi epidural atau spinal, artinya ibu bisa bangun untuk segera menyusui. Namun, jika mendapatkan anestesi total, pemulihannya bisa lebih lama.

"Jika tidak dapat segera menyusui, mintalah untuk menggendong bayi dan melakukan skin to skin. Kemudian, letakkan bayi di atas payudara secepat mungkin," kata Shur.

2. Minta bantuan untuk memposisikan bayi

Melahirkan secara caesar artinya Bunda memiliki luka bekas operasi yang harus dilindungi. Ada juga saluran infus yang menggantung dan bisa mempersulit pemberian ASI.

Tanyakan pada perawat dan konsultan laktasi di rumah sakit untuk membantu Bunda menyusui dengan aman. Mereka pasti akan membantu menunjukkan beberapa cara dan trik menyusui.

3. Menyusui dengan sering

Menyusuilah dengan sering setelah melahirkan melalui operasi caesar. Setidaknya lakukan setiap satu hingga tiga jam sekali.

Meskipun mungkin ibu merasa lelah dan kesakitan, menyusui dengan lancar bisa berhasil, Bun.

Gibran dan Selvi sebelum melahirkanGibran dan Selvi sebelum melahirkan/ Foto: Dok. Instagram Jan Ethes Story

4. Usahakan ibu selalu dekat dengan bayi

Shur bilang usahakan Bunda selalu dekat dengan bayi. Ini bertujuan supaya bayi bisa lebih sering menyusu tanpa harus dia menangis karena saking laparnya. Ingat prinsip, makin sering diisap ASI akan makin sering diproduksi.

5. Manfaatkan pompa ASI

Bila kondisi Bunda lemah untuk bisa menyusui si kecil secara langsung, manfaatkan pompa ASI sampai Bunda bisa duduk atau bersandar sambil memangku bayi.
"Pompa ASI tiap dua sampai tiga jam sekali untuk menstimulasi produksi ASI," kata Shur.

6. Jangan takut minum obat anti-nyeri

"Obat anti-nyeri agar jahitan tak terlalu terasa bisa bikin ibu lebih nyaman menyusui. Jangan segan atau ragu mengonsumsinya karena dokter pun pasti meresepkannya," pesan Shur.

7. Manfaatkan waktu rawat inap

Shur bilang biasanya minimal ibu melahirkan Caesar perlu dirawat 3 hari di RS. Disarankan Shur, gunakan kesempatan ini untuk belajar menyusui si kecil dengan teknik tepat dan bila diperlukan, konsultasilah dengan konselor laktasi. Dengan begitu, Bunda lebih nyaman menyusui ketika di rumah.

Simak juga curhat Dr.Reisa tentang pengalamannya melahirkan secara caesar di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]




(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi