kehamilan

2 Kali Caesar Seperti Selvi Ananda, Masih Bisakah Melahirkan Normal?

Annisa Karnesyia Jumat, 15 Nov 2019 18:40 WIB
2 Kali Caesar Seperti Selvi Ananda, Masih Bisakah Melahirkan Normal?
Jakarta - Putra pertama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming baru saja dikaruniai anak kedua. Istrinya, Selvi Ananda melahirkan bayi perempuan pada Jumat (15/11/2019) pukul 15.46 WIB.

Cucu ketiga Jokowi ini dilahirkan secara caesar di PKU Muhammadiyah Surakarta, Bun. Ini menjadi kali kedua Selvi melahirkan secara caesar, setelah sebelumnya melahirkan putra pertamanya, Jan Ethes dengan cara serupa.

Lalu apakah jika sudah melahirkan caesar harus melahirkan caesar lagi?


Mengutip Healthline, selama ini memang banyak yang beranggapan demikian. Jika Bunda melahirkan caesar beberapa kali, tidak bisa untuk melahirkan dengan normal di persalinan selanjutnya.

Menurut American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), kelahiran normal setelah operasi caesar, dikenal dengan vaginal birth after cesarean (VBAC). VBAC dapat diterapkan untuk banyak wanita yang pernah mengalami satu, atau bahkan dua kelahiran caesar.

National Institutes of Health (NIH) menyarankan bahwa VBAC adalah cara teraman bagi wanita yang sebelumnya melahirkan caesar. Tingkat keberhasilan antara 60 dan 80 persen, dibandingkan wanita yang melahirkan secara caesar.

"Biasanya tidak ada batasan jumlah operasi caesar untuk setiap wanita. Tetapi, semakin banyak dilakukan, semakin lama waktu operasi, dan semakin tinggi risiko komplikasi," kata Tefo Mokate, konsultan obgyn, dilansir Babycentre.

Selvi bersama Gibran dan Jan EthesSelvi bersama Gibran dan Jan Ethes/ Foto: Foto: Instagram/Diera Bachir Photography

Menurut Mokate, jika wanita pernah menjalani operasi caesar, masih mungkin untuk melahirkan bayi secara normal dengan VBAC. Apalagi, operasi caesar hanya boleh dilakukan untuk alasan tertentu.

"Dokter kandungan mungkin menyarankan untuk melahirkan dengan operasi caesar jika ada komplikasi kehamilan yang membuat kelahiran normal tidak bisa dilakukan. Atau si ibu memang punya alasan pribadi kenapa tidak ingin melahirkan normal," ujarnya.

Jika sebelumnya Bunda pernah melahirkan melalui operasi caesar, sebaiknya bicarakan dengan bidan atau dokter kandungan tentang cara terbaik untuk melahirkan di persalinan berikutnya. Dokter akan menimbang berat badan ibu, usia, riwayat kesehatan, riwayat kesuburan, dan alasan setiap operasi caesar yang sebelumnya pernah dilakukan.

Simak juga curhat Dr.Reisa tentang pengalannya melahirkan secara caesar di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi