sign up SIGN UP search


menyusui

Perlukah Pakai Bantal Menyusui Setelah Melahirkan? Ini Jawabannya Bunda

Kinan Selasa, 09 Jun 2020 09:42 WIB
Bantal menyusui caption
Jakarta -

Setelah melahirkan dan memasuki masa menyusui, berbagai 'alat tempur' akan disiapkan para Bunda. Salah satunya nursing pillow atau bantal menyusui. Tapi sebenarnya apakah Bunda memerlukan benda ini?

Menurut konsultan laktasi Tori Hamilton, secara umum menyusui bisa dilakukan dalam posisi mana saja, yang penting nyaman bagi ibu dan juga bayi. Terutama jika dilakukan sambil duduk, bantal menyusui bisa membantu Bunda, lho.

Penggunaan bantal menyusui biasanya sangat terasa pada masa-masa awal, di mana bayi masih harus disusui dalam posisi duduk. Bantal menyusui dapat membantu menopang pergelangan tangan, serta mencegah nyeri bahu dan punggung.


"Bantal menyusui yang umumnya berbentuk seperti huruf U ini bisa sangat bermanfaat pada 6-8 minggu pertama setelah melahirkan. Penggunaan bantal ini dapat menjaga ketinggian posisi bayi tetap sesuai dengan payudara ibu, tanpa membuat tangan pegal," ujar Hamilton, seperti dikutip dari Today's Parent.

Posisi yang nyaman bisa sangat memengaruhi keberhasilan proses menyusui lho, Bunda. Hamilton menegaskan bahwa menyusui dengan bantal khusus dapat membantu membuat tangan Bunda bisa lebih rileks.

Bantal menyusuiBantal menyusui. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Xiao Jiang)

Tapi bukan berarti lantas wajib membeli bantal menyusui ya, Bunda. Bisa saja menyusui tetap dilakukan dengan bantuan bantal biasa untuk menopang. Yang terpenting, pastikan kenyamanan posisi.

Namun yang pasti, bantal menyusui sebenarnya tak hanya bisa digunakan pada momen tersebut, lho. Bantal ini bisa digunakan kembali untuk membantu bayi belajar tengkurap dan bahkan duduk. Tapi tetap pastikan si kecil selalu dalam pengawasan Bunda, ya!

Simak juga sembilan perlengkapan wajib untuk ibu menyusui dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi