sign up SIGN UP search


menyusui

Rasa ASI Bisa Berubah-ubah, Benar atau Tidak Ya Bunda?

Kinan Senin, 08 Jun 2020 13:51 WIB
Mother's lullaby. Beautiful mom lulling newborn baby while sitting on sofa at home caption
Jakarta -

Para ibu menyusui perlu memerhatikan pola makan selama masa tersebut. Selain demi memenuhi kebutuhan nutrisi, makanan yang dikonsumsi diyakini bisa mengubah rasa air susu ibu (ASI).

Dilansir Today's Parent, disebutkan bahwa benar adanya makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui dapat mengubah rasa ASI.

Sebuah studi tahun 2008 dalam jurnal Physiology and Behavior mencatat bahwa ada beberapa rasa yang bisa bertahan lebih lama dibandingkan rasa lainnya. Salah satunya mentol.


Studi lain dalam jurnal Pediatrics menunjukkan bahwa bayi yang ibunya minum jus wortel selama mereka menyusui lebih menyukai sereal rasa wortel daripada sereal biasa di kemudian hari.

Ilustrasi ibu menyusuiIlustrasi ibu menyusui. (Foto: Getty Images/iStockphoto/tatyana_tomsickova)

Bahkan tak cuma rasa lho, Bunda. Efek makanan yang dikonsumsi juga dapat memengaruhi aroma ASI. Seperti disebutkan dalam studi tahun 2016 di jurnal Metabolites bahwa makan bawang putih mentah mengubah aroma ASI pada beberapa partisipan.

"Komposisi ASI juga mempengaruhi rasanya. Seperti kandungan natrium yang lebih tinggi dalam kolostrum, membuat rasanya menjadi lebih asin,"ujar konselor laktasi, Taya Griffin.

Sementara itu, beberapa ibu menyusui kadang juga memiliki kelebihan lipase, enzim yang memecah lemak dalam ASI. Kondisi ini dapat menyebabkan ASI juga terasa berbeda

Bunda bisa simak juga tips meningkatkan produksi ASI dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi