sign up SIGN UP search


menyusui

5 Olahraga Ringan yang Aman untuk Ibu Menyusui

Asri Ediyati Minggu, 23 Aug 2020 09:52 WIB
Ilustrasi Olahraga caption
Jakarta -

Menyusui bukan alasan Bunda menghindari olahraga. Sama seperti ketika masih hamil, ibu menyusui juga disarankan untuk tetap melakukan aktivitas ringan lho.

Konselor laktasi Kelly Bonyata, IBCLC mengatakan bahwa olahraga ringan meningkatkan kesehatan ibu dan memiliki efek positif pada kesejahteraan emosionalnya.


Selain itu, olahraga juga mendatangkan manfaatnya lainnya seperti meningkatkan kebugaran kardiovaskular, profil lipid darah dan respons insulin membaik. Berolahraga bisa menimbulkan perasaan sejahtera dari peningkatan energi dan penurunan tingkat stres.

"Hubungan ibu-bayi meningkat, mengatasi gejala depresi pada orang dengan gangguan depresi mayor," tulis Bonyata, dikutip dari Kelly Mom.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa olahraga ringan tidak mempengaruhi suplai ASI, komposisi ASI, atau pertumbuhan bayi. Namun, olahraga hingga kelelahan mungkin memiliki efek jangka pendek pada asam laktat dan kandungan IgA dalam ASI.

Untuk itu, Bunda disarankan melakukan olahraga yang ringan saja saat menyusui. Apa saja olahraganya? Berikut daftarnya, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Jalan kaki

Jalan kaki adalah olahraga paling mudah dan simpel, semua orang termasuk ibu menyusui bisa melakukannya. Menggendong bayi dalam gendongan atau mendorong kereta dorong adalah cara terbaik untuk bergerak dan menikmati udara segar.

2. Lakukan joging

Mengutip dari Verywell Family, pergilah sendiri atau dengan bayi. Kereta bayi jogging memudahkan Bunda membawa anak keluar untuk berlari. Demi keselamatan, pastikan Bunda memakaikan seatbelt pada anak dengan aman ke dalam kereta dorong dan menggunakan helm bayi untuk mencegah cedera jika kereta dorong terbalik.

Close up of sporty woman tying shoelace while kneeling outdoor, In background bridge. Fitness outdoors concept.5 Olahraga Ringan yang Aman untuk Ibu Menyusui/ Foto: iStock

3. Ikut olahraga ibu dan bayi

Zaman sekarang banyak olahraga ibu dan bayi yang bisa Bunda ikuti kelasnya secara online atau ikuti gerakannya di YouTube. Kelas olahraga online juga merupakan cara terbaik bagi para ibu baru untuk bertemu dan bersosialisasi.

4. Berenang

Berenang adalah latihan seluruh tubuh berdampak rendah yang baik. Jennifer Thomas, M.D., IBCLC, FAAP, FABM, dokter anak dan pakar menyusui mengatakan berenang pascamelahirkan adalah hal yang baik.

Mungkin banyak Bunda yang khawatir dengan kaporit atau klorin di kolam. Menurut Thomas kolam berklorin baik-baik saja untuk ibu menyusui.

"Klorin di kolam tidak dapat mencapai bayi Anda yang menyusui dalam jumlah yang signifikan. Agar bisa masuk ke ASI Anda, itu harus diserap oleh kulit Anda dalam jumlah yang cukup besar untuk mencapai aliran darah Anda. Itu tidak terjadi dengan klorin di kolam renang," ujarnya dikutip dari Baby Center.

5. Berolahraga di rumah

Bunda bisa berolahraga di rumah. Bunda bisa gunakan DVD latihan atau tarian atau naik treadmill. Jika Bunda memiliki peralatan olahraga di rumah, akan lebih mudah untuk berolahraga, dan sangat cocok untuk hari hujan.

Simak juga cara pijat bayi agar lancar BAB melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi