sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda Perlu Tahu, Obat & 4 Cara Mengatasi Wasir untuk Ibu Menyusui

Nanie Wardhani   |   Haibunda Rabu, 12 Jan 2022 13:39 WIB
Tired mother holding her newborn child at home after tying to pump. Ilustrasi obat wasir untuk ibu menyusui/ Foto: Getty Images/FatCamera

Bagi ibu yang baru saja melahirkan, seperti Bunda, wasir adalah salah satu penyakit yang sangat mengganggu. Wasir adalah pembuluh darah yang membengkak, lalu dipenuhi banyak darah. Kejadian ini sangat umum terjadi untuk Bunda yang baru saja melahirkan, sedang dalam masa kehamilan, atau masa nifas.

Wasir memang bukan hanya menjadi penyakit yang sangat menyebalkan, tetapi sangat menyakitkan. Namun, wasir bukanlah penyakit yang begitu serius yang berdampak besar untuk Bunda. Sehingga, wasir bisa diobati.

Penyebab wasir

Pada masa kehamilan dan masa nifas, wasir disebabkan oleh stres pada perineum pada berbulan-bulan, sebelum dan selama persalinan. Vena akan bekerja seperti katup, agar mendorong darah untuk kembali ke jantung. Namun ada beberapa saat ketika katup melemah, sehingga mereka bisa membengkak dengan darah.


Pembuluh darah itu dapat menyembul keluar karena ibu hamil mendorong bayi keluar selama persalinan. Di samping itu, semua hormon yang ada di tubuh Bunda selama masa kehamilan dan persalinan, akan mempengaruhi cara kerja pembuluh darah. Sebab pada selama hamil, Bunda mengalami peningkatan produksi hormon progesteron.

Apakah wasir dapat sembuh sendiri?

Tenang, Bunda. Menurut Healthline, wasir biasanya memang akan sembuh dengan sendirinya. Namun, kesembuhan ini akan sangat bergantung kepada ukuran, lokasi, dan tingkat keparahannya. Bisa saja wasir dapat sembuh dengan sendirinya hanya dalam waktu beberapa hari. Tapi jika kondisinya parah, maka bisa memakan waktu hingga beberapa minggu.

Dalam beberapa kasus, wasir membentuk gumpalan darah yang akan menyakitkan dan membuat rasa tidak aman yang luar biasa untuk Bunda. Wasir ini disebut sebagai wasir trombosis. Biasanya, dokter bisa menangani kasus wasir ini.

Wasir dengan kondisi kronis dapat berlangsung lebih lama. Dari yang sebelumnya berlangsung mingguan, menjadi berlangsung bulanan.

Obat wasir untuk ibu menyusui

Ibu menyusui memang menghadapi situasi sulit. Apapun yang dimakan dan diminum, secara tidak langsung bisa saja memengaruhi Si Kecil. Begitu juga dengan obat wasir. Di antaranya adalah acetaminophen atau ibuprofen.

Jika Bunda ingin mengonsumsi obat untuk mengobati wasir dengan obat-obatan yang beredar, pastikan Bunda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Perawatan wasir mandiri di rumah

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, wasir dapat hilang dengan sendirinya. Namun, prosesnya membutuhkan kesabaran dan beberapa langkah yang dapat Bunda lakukan. Kabar baiknya, jika Bunda khawatir meminum obat wasir dapat berpengaruh kepada Si Kecil, Bunda bisa melakukan pengobatan mandiri di rumah.

Berikut adalah perawatan wasir mandiri di rumah.

1. Kompres dengan es

Bungkus es atau kompres dingin dengan kain dan oleskan selama 10 menit. Jika Bunda melahirkan di rumah sakit, mungkin perawat akan memberikan Bunda kompresan es untuk dapat dibawa pulang pasca melahirkan.

2. Bersihkan area wasir dengan lembut

Bunda bisa menggunakan botol semprot yang diisi dengan air hangat. Ketimbang Bunda membersihkannya dengan tisu kering atau tisu toilet, ada baiknya Bunda menepuk-nepuk area tersebut dengan tisu basah yang lembut.

Selain itu, Bunda juga dapat menggunakan pembalut wasir. Salah satu pembalut wasir yang sangat direkomendasikan adalah pembalut wasir yang mengandung witch hazel.

Ilustrasi ibu menyusuiIlustrasi obat wasir untuk ibu menyusui/ Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes

3. Hindari mengejan

Mengejan saat membuang air besar akan membuat banyak tekanan pada dubur atau bagian wasir yang sedang Bunda tahan sakitnya. Agar Bunda bisa cepat sembuh dari wasir, Bunda mungkin harus menghindari mengejan untuk sementara waktu.

Mungkin agak sulit, namun ini mungkin merupakan cara yang paling mudah yang bisa dilakukan untuk sementara waktu.

4. Tambah menu serat

Serat yang terkandung di dalam makanan dapat membuat feses akan menjadi lunak serta banyak. Bunda bisa melakukan diet serat tinggi untuk mengobati wasir yang sedang Bunda derita.

Beberapa makanan yang kaya serat diantaranya adalah buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

5. Minum banyak air putih

Tidak lupa, dalam berbagai penyakit, memperbanyak meminum air putih akan memudahkan Bunda untuk melewati penyakit tersebut, tidak terkecuali dengan wasir. Sebisa mungkin Bunda tetap terhidrasi. Selain itu, air akan mencegah terjadinya sembelit.

Itulah obat wasir dan pengobatan mandiri yang dapat Bunda lakukan. Semoga bermanfaat.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!