sign up SIGN UP search


Video

Menyusui Lebih dari 2 Tahun, Ini Manfaatnya untuk Bunda dan Si Kecil

HaiBunda   |   Haibunda Sabtu, 18 Jun 2022 15:50 WIB

Sebagian besar Bunda menyusui Si Kecil sampai batas usia 2 tahun. Namun ada juga yang menyusui lebih dari 2 tahun atau yang disebut sebagai extended breastfeeding. Hal ini biasanya terjadi jika Bunda kesulitan untuk menyapih Si Kecil, atau ada kondisi tertentu yang membuat Si Kecil masih ingin menyusu dengan Bunda. Banyak yang beranggapan, jika menyusui lebih dari 2 tahun maka tidak akan ada lagi manfaat ASI untuk Si Kecil, benarkah?

Para ahli sepakat bahwa ada manfaat kesehatan yang positif bagi anak dan ibu saat menyusui. Menyusui dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi, diare, dan muntah pada bayi. Selain itu, pemberian ASI eksklusif juga diperkirakan dapat mengurangi risiko obesitas dan penyakit lainnya.

Dr. Max Davie dari The Royal College of Pediatrics and Child Health mengatakan, dalam sebuah penelitian terbatas menyebut bahwa sebenarnya tak banyak manfaat yang didapat anak ketika menyusu lebih dari dua tahun.

"Pada usia dua tahun, seorang anak harus mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan melalui makanan mereka sehingga tidak ada manfaat tambahan untuk menyusui di atas usia ini," ujarnya. Namun ada banyak faktor yang membuat Bunda melanjutkan, mengurangi atau berhenti menyusui. Ada juga keterikatan emosional antara ibu dan anak yang susah dipisahkan, karena menyusui adalah hal yang sangat personal. Meski tidak banyak, tapi tetap ada kok Bunda, manfaat untuk Bunda dan Si Kecil jika menyusui lebih dari 2 tahun. Apa saja? Simak penjelasannya di video berikut ini ya, Bunda!


Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!