sign up SIGN UP search


menyusui

Menyusui Lebih dari 2 Tahun, Adakah Manfaatnya ASI untuk Si Kecil?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Sabtu, 04 Jun 2022 11:20 WIB
Cropped shot of an attractive young woman carrying her sleeping daughter through the living room on Christmas morning caption

Jakarta - Sebagian besar Bunda menyusui buah hati sampai batas usia dua tahun. Tetapi, ada juga yang menyusui lebih dari 2 tahun. Kira-kira, apakah masih ada manfaatnya untuk kesehatan Si Kecil?

ASI direkomendasikan secara eksklusif tanpa makanan atau minuman lain selama enam bulan pertama kehidupan anak dan kemudian bersama makanan padat lainnya diberikan saat mereka menginjak usia enam bulan dan seterusnya.

Para ahli sepakat bahwa ada manfaat kesehatan yang positif bagi anak dan ibu dari menyusui. Menyusui diketahui dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi, diare, dan muntah pada bayi. Selain itu, pemberian ASI eksklusif juga diperkirakan dapat mengurangi risiko obesitas dan penyakit lainnya di kemudian hari.


Mengenai waktu berapa lamanya menyusui, mengutip sebuah ulasan BBC, idealnya Bunda direkomendasikan menyusui bayi di tahun kedua usianya bersama tambahan makanan lainnya. Sehingga kebutuhan nutrisi Si Kecil terpenuhi secara optimal.

ASI sendiri dapat dikombinasikan dengan makanan padat lainnya mulai dari mulai usia enam bulan, Bunda. WHO pun setuju bahwa menyusui harus dilanjutkan sampai usia dua tahun atau lebih.

Kayu Putih Sebagai SkincareKayu Putih Sebagai Skincare/ Foto: HaiBunda/Annisa Shofia

Dr Max Davie dari The Royal College of Paediatrics and Child Health mengatakan, dalam sebuah penelitian terbatas tentang manfaat nutrisi tambahan di atas usia dua tahun sebenarnya tak banyak manfaat yang didapat anak ketika menyusu lebih dari 2 tahun.

"Pada usia dua tahun, seorang anak harus mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan melalui makanan mereka sehingga tidak ada manfaat tambahan untuk menyusui di atas usia ini," ujarnya.

Namun, ada banyak faktor yang terlibat dalam keputusan setiap ibu untuk melanjutkan, mengurangi, atau berhenti menyusui. Di antaranya Bunda yang kembali bekerja, dukungan dari keluarga dan teman, serta kepercayaan diri menyusui.

Ada juga keterikatan emosional antara ibu dan anak yang susah dipisahkan. Karena menyusui adalah hal yang sangat personal.

Klik di halaman selanjutnya ya, bagaimana pertimbangan menyusui anak hingga lebih dari 2 tahun di halaman selanjutnya!

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga tanda Si Kecil sudah siap disapih dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



GALAU HARUS MENYAPIH ATAU BOLEH MENYUSUI LEBIH 2 TAHUN? INI PERTIMBANGANNYA...
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!