sign up SIGN UP search


Video

3 Penyebab Bunda Enggan dan Emosi saat Menyusui Si Kecil, Hormon Bisa Jadi Pemicunya lho

HaiBunda   |   Haibunda Kamis, 04 Aug 2022 17:08 WIB

Setelah melahirkan, menyusui menjadi salah satu momen berharga yang tak ingin dilewatkan oleh Bunda. Selain dapat memberikan suplai makanan terbaik pada Si Kecil, menyusui juga bisa menambah kedekatan Bunda dengan Si Kecil. Namun, ternyata ada beberapa Bunda mengalami perasaan kesal, marah, atau emosi saat menyusui Si Kecil lho.

Perasaan ini sering kali muncul secara tidak terduga dan hampir selalu tidak diinginkan oleh Bunda. Perasaan semacam ini berkaitan dengan keengganan menyusui dan agitasi atau Breastfeeding aversion and agitation (BAA). Pada saat fase ini terjadi, sering diikuti dengan perasaan malu terhadap diri sendiri karena mengalami hal ini dan perasaan bersalah terhadap Si Kecil karena emosi yang mengganggu.

Untuk menghindari terjadinya BAA ini Bunda dapat berkonsultasi dengan konsultan laktasi, tidur yang cukup. Luangkan waktu untuk diri sendiri ya, seperti berjalan-jalan sendirian, duduk di ruangan sambil membaca buku, atau melakukan meditasi.

Jika Bunda pernah mengalami perasaan enggan dan marah saat akan menyusui Si Kecil, Bubun telah rangkumkan penyebabnya salah satu pemicunya hormon. Simak video berikut untuk melihat penyebab lainnya.


Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!