sign up SIGN UP search


menyusui

Aliya Rajasa Berbagi Kunci Sukses Menyusui Anak-anaknya, Sehat Mental & Batin

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Jumat, 19 Aug 2022 13:40 WIB
Aliya Rajasa caption
Jakarta -

Aliya Rajasa baru saja melahirkan anak keempat berjenis kelamin perempuan, bernama Alisha Prameswari Yudhoyono. Istri Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas ini kembali berencana untuk menyusui full dua tahun anaknya.

Sebelumnya, Aliya mengASIhi tiga anaknya tanpa kendala. Sejak awal memiliki anak, wanita 36 tahun ini sudah belajar menemukan pola menyusui agar ASI-nya lancar, Bunda.

"Alhamdulillah Alisha sudah tinggal terusin polanya, jadi sampai sekarang alhamdulillah lancar," kata Aliya saat wawancara eksklusif dengan HaiBunda, belum lama ini.


Selama menyusui anak keempatnya ini, Aliya mulai rutin pumping dan stok ASI lho. Wanita bernama lengkap Siti Ruby Aliya Rajasa ini sengaja melakukannya untuk berjaga-jaga bila terjadi situasi darurat.

Hal tersebut juga dilakukan karena dia tak bisa selalu membawa anaknya keluar rumah. Aliya benar-benar ingin melindungi anaknya dari COVID-19, Bunda.

"Aku jaga-jaga kalau aku harus isoman (isolasi mandiri), jadi memang harus ada stok ASI perah untuk bayi kalau ada kenapa-kenapa. Aku sambil stok ASI di kulkas dan freezer, jadi kejar setoran," ujar Aliya.

"Dulu agak santai bisa kemana-mana bawa anak keluar rumah. Kalau sekarang kan belum tentu bisa ikut karena pandemi, apalagi di bawah 6 tahun belum bisa vaksin. Jadi, lihat jadwal ke depan, kalau ada kegiatan mendampingi suami, harus antisipasi stok ASI ada dan terjaga," sambungnya.

Meski sudah berpengalaman menyusui tiga anak, Aliya tetap belajar cara menyimpan stok ASI yang tepat lho. Ia bahkan belajar dari teman-temannya terkait hal tersebut, Bunda.

"Aku banyak belajar sama teman-teman tentang stok ASI, jadi gimana biar optimal penjagaannya. Jadi selalu ada ilmu baru yang dipelajari, walau prosesnya sama, coba telaah lagi gimana produksinya, pembelajaran tentang asi ada banyak, apakah berat badan bayi nambah," katanya.

Aliya Rajasa memahami pentingnya menyusui anak selama dua tahun. Ia pun menitipkan pesan untuk para Bunda tentang manfaat dan pentingnya mengASIhi buah hati. Apa katanya?

Baca halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga alasan pentingnya belajar menyusui sejak hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PESAN ALIYA RAJASA UNTUK BUNDA AGAR SEMANGAT MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!