sign up SIGN UP search

menyusui

Puasa Saat Menyusui Jangan Sampai Kurang Nutrisi, Begini Atasinya!

Jihaan Khoirunnissa   |   Haibunda Kamis, 09 Mar 2023 10:18 WIB
Ilustrasi ibu menyusui Ilustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Beberapa Bunda kerap mengalami dilema untuk berpuasa ketika sedang menyusui Si Kecil. Tidak sedikit yang khawatir puasa akan mempengaruhi produksi dan kualitas ASI.

Ibu menyusui (busui) boleh kok tetap menjalankan ibadah puasa. Karena faktanya puasa tidak berpengaruh signifikan pada komposisi nutrisi di dalam ASI. Pun tidak juga menyebabkan suplai ASI menurun, Bun.

Namun bagi Bunda yang ingin puasa namun sedang menyusui, pastikan tubuh dalam kondisi fit dan sehat. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai berpuasa. Salah satunya soal pemenuhan gizi dan cairan.


Cegah Risiko Kurang Nutrisi Saat Berpuasa

Bunda, ibu yang menyusui rentan mengalami kurang nutrisi ketika memutuskan untuk berpuasa. Apalagi jika asupan makronutrien dan mikronutrien bagi tubuh tidak memadai. Dalam kondisi ini, pembentukan ASI untuk Si Kecil akan mengambil dari cadangan di dalam tubuh.

Lama kelamaan, tanpa sadar busui pun akan mengalami keluhan terkait kurangnya nutrisi, terutama mineral seperti kalsium. Adapun salah satu tanda tubuh kekurangan mineral kalsium seperti kaki pegal hingga timbul rasa tidak nyaman pada tulang.

Pastikan Asupan Gizi Memadai

Guna memenuhi kebutuhan nutrisi selama berpuasa, busui disarankan banyak mengonsumsi menu makanan komplit dengan karbohidrat, protein, lemak, serta sayur dan buah untuk sahur dan berbuka puasa.

Sebaiknya pilih jenis karbohidrat kompleks dan makanan tinggi protein sebagai energi untuk menjalankan ibadah puasa selama seharian penuh sambil menyusui. Selain itu, perbanyak konsumsi makanan yang tinggi serat untuk memperlambat proses pencernaan dan kenyang lebih lama.

Tidak hanya itu saja, Bunda juga harus memperbanyak minum air mineral untuk mengganti cairan yang hilang karena puasa. Hal ini penting, mengingat cairan sangat dibutuhkan dalam produksi ASI.

Busui disarankan minum minimal 3 liter air setiap harinya. Minum air mineral secara sedikit, tetapi sering antara waktu buka puasa dengan sahur. Soal air mineral, pilih produk yang berkualitas dengan kandungan mineral esensial yang sehat, bersih, dan terjaga aman seperti Le Minerale.

Kandungan mineral esensialnya yang diproduksi dari sumber mata air berkualitas tinggi membuat rasa Le Minerale lebih segar dan lebih enteng, sehingga dapat bantu Bunda minum lebih banyak tanpa rasa eneg saat hamil. Yuk pilih air mineral dengan mineral esensial dengan standar kualitas terbaik bagi keluarga seperti Le Minerale yang jelas sehatnya, jelas bersihnya!

Berkat kualitasnya yang juara, Le Minerale dinobatkan sebagai air mineral pilihan bunda untuk keluarga di ajang Pilihan Bunda Awards 2022.

(ads)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!