sign up SIGN UP search


menyusui

8 Tips agar Ibu Menyusui Lancar Jalankan Puasa Ramadhan

Annisa Karnesyia Minggu, 26 Apr 2020 13:01 WIB
Mother breastfeeding a new born baby boy in a hospital room caption
Jakarta - Bunda ingin tetap menyusui si kecil selama bulan Ramadhan? Boleh kok. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ya.

Ibu menyusui memang masuk golongan yang diperbolehkan tidak puasa karena alasan kesehatan. Meski begitu, puasa sebenarnya memberikan manfaat luar biasa bagi ibu menyusui.


Kata konselor ASI, dr.Ameetha Drupadi, ibu menyusui jadi lebih teratur makan selama bulan Ramadhan. Sebab, ada jadwal makan yang teratur setiap harinya.


"Kalau pola makan teratur, gizi dalam sehari dapat terkontrol, sehingga metabolisme dan kerja jantung sehat," kata Ameetha.

Pola makan teratur ini juga bisa menurunkan kadar kolesterol. Asalkan, makanan yang dikonsumsi setiap harinya terkontrol dengan baik.

8 Tips agar Ibu Menyusui Lancar Jalankan Puasa RamadhanTips agar Ibu Menyusui Lancar Jalankan Puasa Ramadhan/ Foto: iStock

Walaupun manfaatnya baik untuk ibu menyusui, tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan puasa. Dikutip dari The Daily Star, Jumat (24/4/2020), berikut 8 tips menjalankan puasa bagi ibu menyusui:

1. Hindari stres.

2. Buatlah buku harian untuk mencatat apa yang dimakan dan minum sepanjang hari, untuk memastikan Bunda mendapatkan nutrisi yang cukup.

3. Rencanakan setiap hari dengan baik, sehingga dapat beristirahat cukup.

4. Jangan membawa benda berat, pekerjaan berat, atau berjalan jauh. Tetaplah terhidrasi.

5. Berbuka puasa dengan makanan sehat dan pastikan mendapatkan protein yang cukup untuk kesehatan bayi. Bila perlu makan karbohidrat secara perlahan untuk melepaskan energi. Misalnya, makan biji-bijian, beras rendah Indeks Glikemik, kurma, dan buah kering.

6. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan, serta konsumsi cukup cairan.

7. Jangan melewatkan waktu sahur karena alasan apapun.

8. Bunda bisa pertimbangkan untuk makan malam sebelum tidur. Namun, tetap tidak boleh melewatkan sahur.


Simak juga perlengkapan wajib ibu menyusui, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi