MOM'S LIFE

Suami Memuji Perempuan Lain, Wajarkah Kalau Istri Cemburu?

Nurvita Indarini 16 Sep 2017
Suami Memuji Perempuan Lain, Wajarkah Kalau Istri Cemburu? (Foto: Hasan Al Habsy) Suami Memuji Perempuan Lain, Wajarkah Kalau Istri Cemburu? (Foto: Hasan Al Habsy)
Jakarta - Mungkin suatu kali kita pernah mendengar suami memuji perempuan lain secara langsung di hadapan yang bersangkutan. Saat itu terjadi apakah wajar kalau kita sebagai istrinya merasa cemburu?

Kalau kata psikolog keluarga, Anna Surti Ariani M.Psi., Psikolog, sebelum melemparkan pujian secara langsung untuk perempuan lain sebaiknya suami terlebih dahulu memahami istrinya. Misalnya nih, apakah istrinya termasuk orang yang cukup cantik atau tidak, lantas istrinya pencemburu atau tidak, termasuk pula apakah istri memang orang yang suka dipuji atau tidak.

"Kalau istrinya kebetulan yang nggak merasa cukup cantik dan pencemburu, ya jangan ngomong-ngomong kayak gitu. Atau kalaupun mau memuji orang lain, puji juga istrinya," saran psikolog yang akrab disapa Nina ini.

Jadi misalnya nih, suami istri kebetulan sedang jalan-jalan lalu berpapasan dengan perempuan cantik, agar tidak menyakiti perasaan istri bisa bilang begini, "Itu ceweknya cantik, kayak mama aja". Atau di saat yang lain bisa memuji istrinya juga, sehingga istri nggak sampai haus pujian.

Baca juga: 'Ingat Allah dan Anak-anak Membuatku Memaafkan Perselingkuhanmu'

"Jadi kan pengennya kalau suami memuji orang lain itu karena memang dia sering memuji istrinya. Nggak fair dong orang lain dipuji-puji, istri dicela-cela," tambah Nina.

Apakah memuji lawan jenis juga bisa menjadi bibit perselingkuhan? Kata Nina, jawabannya iya dan tidak. Pujian cantik ke orang lain nggak serta merta membuat suami ingin memacarinya juga.

Tapi menurut saya, harus hati-hati juga menyampaikan pujian secara langsung. Bisa jadi suami memuji secara tulus tanpa ada maksud apapun. Cuma, bisa saja si penerima pujian mengartikannya sebagai bentuk ketertarikan.

"Kalau soal kemungkinan (selingkuh) ada, tapi bukan berarti pasti. Jadi jangan juga istri langsung histeris saat suaminya memberikan pujian pada perempuan lain. Tapi memang bisa aja ada kemungkinan (selingkuh) ketika si wanita yang dipuji kebetulan nggak pernah dipuji oleh pasangannya, misalkan," tutur Nina.

Nina juga menyarankan istri untuk 'menggali' saat suaminya melontarkan pujian untuk perempuan lain. Misalnya suami bilang cewek itu cantik, lalu istri tanya baik-baik apanya yang cantik, siapa tahu ada yang bisa dipelajari dari situ.

"Misalnya kata suami karena alisnya bagus, 'oh ya juga ya alis mama kering banget ya, kalau mama bikin alis kayak gitu gimana?'' Jadi jangan gelap mata. coba cari apa yang baik dari orang itu yang bisa ditiru. Terus itu juga bisa jadi bahan obrolan," sambung Nina.

Baca juga: Foto: Mana Meme Sebelum dan Sesudah Nikah yang Paling Pas?

Nina juga pernah punya pengalaman suami melontarkan pujian untuk perempuan lain, meskipun tidak disampaikan secara langsung pada yang bersangkutan. "Aku bilang menurut kamu aku perlu gitu nggak. Kata suamiku nggak juga sih, nggak apa-apa kalau nggak kayak gitu juga. Itu kan kemudian clear buatku, oke-oke aja dia kagumi orang lain tapi ternyata dia nggak membutuhkan itu," tuturnya. (vit/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi