MOM'S LIFE

Cerita Istri Sandiaga Uno tentang si Bungsu yang Lahir Prematur

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 18 Nov 2017 - 13.02 WIB
Nur Asia Uno dan suaminya Sandiaga Uno/ Foto: Dok. Instagram @nurasiauno Nur Asia Uno dan suaminya Sandiaga Uno/ Foto: Dok. Instagram @nurasiauno
Jakarta - Istri Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, Nur Asia Uno punya cerita nih, Bun, soal si bungsu, Sulaiman Saladdin Uno yang lahir prematur. Seperti ibu lain, menghadapi kenyataan kalau si kecil lahir prematur bukanlah hal yang mudah buat Nur Asia.

Diungkapkan Nur Asia, saat mengandung Sulaiman, usianya 42 tahun. Si kecil Sulaiman lahir di usia kandungan 37 minggu. Waktu kelahiran Sulaiman juga mesti menunggu, Bun, karena paru-parunya belum cukup matang. Hingga pada tanggal 2 Desember, si kecil Sulaiman lahir dengan berat 2,5 kg.

"Jadi memang Sulaiman ini sangat beda sama kakak-kakaknya. Alhamdulillah semuanya saya lalui dengan lancar, dengan baik. Di mana saat itu Sulaiman ditaruh di inkubator di Neonatal Intensive Care Unit (NICU) selama 2 minggu," kata Nur Asia di acara World Prematurity Day 'Little Miracle with Bright Future' di RSCM Kiara, Salemba, Jakarta Pusat, Sabtu (18/11/2017).

Selama Sulaiman dirawat di NICU, kata Nur Asia buah cintanya bersama Sandiaga Uno itu mendapat perawatan intensif. Nur Asia bersyukur dirinya bisa memberikan kolostrum untuk Sulaiman. Ya, walaupun supaya kolostrumnya bisa keluar Nur Asia cukup kesakitan. Tapi, demi si kecil apapun akan dilakukan bunda kan pastinya?



Selama dua minggu Sulaiman dirawat di NICU, Nur Asia selalu mendampinginya. Pastinya, sang suami, Sandiaga Uno juga memberi dukungan penuh untuk istri dan putranya. Selama dua minggu itu pula, tiga kali sehari Nur Asia menghampiri Sulaiman yang dirawat di NICU untuk menyusuinya secara langsung. Selain itu, kontak fisik antara Nur Asia dengan buah hatinya sesering mungkin dilakukan.

Termasuk juga Nur Asia selalu berusaha memberi stimulasi untuk si bungsu. Memang melahirkan plus merawat bayi prematur bukan hal yang mudah. Tapi buat Nur Asia, di balik kekurangan seseorang pasti ada kelebihan, termasuk juga pada anak yang lahir prematur. Seperti si kecil Sulaiman, kata Nur Asia kini bocah itu tumbuh jadi anak yang pintar dan aktif.

"Itu kelebihan anak kita. Kitanya harus bisa ngimbagi karena kita sebagai orang tua harus betul-betul merawat dan memberi stimulasi. Sulaiman sekarang tumbuh dengan sehat. Bulan depan umurnya sudah 6 tahun. Perkembangannya baik walau memang dia ada speech delay dibanding teman-temannya tapi kita ibunya harus bisa sabar menangani anak prematur karena mereka harus betul-betul dikasih perhatian spesial. Anak-anak adalah titipan Tuhan jadi kita harus memberikan yang terbaik untuk mereka," tutur wanita yang dinikahi Sandiaga Uno pada tahun 1996 ini.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi