MOM'S LIFE

Komunitas Ibu-ibu Bermanfaat Banget Lho Buat Psikologis Bunda

Nurvita Indarini 07 Des 2017
Ilustrasi komunitas ibu/ Foto: Thinkstock Ilustrasi komunitas ibu/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Apakah Bunda ikut komunitas ibu-ibu? Manfaat apa saja nih yang Bunda rasakan? Apakah komunitas ini membawa ketenangan jiwa juga?

Kata psikolog keluarga, Vera Itabiliana, sesudah melahirkan, ibu-ibu biasanya mengalami banyak hal yang memicu stres. Soalnya ada perubahan besar di kondisi pribadi mereka. Misalnya nih merasa kehilangan kebebasan dan kecemasan terkait kondisi anak.

"Berbeda dengan lelaki, perempuan menyikapi stres dengan respons 'tend and be friend'," jelas Vera dalam konferensi pers Orami Birth Club di Pacific Place, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Karena respons itulah para ibu jadi lebih perhatian pada kebutuhan bayinya. Jadi kalau para bunda bergabung dengan komunitas ibu-ibu maka akan bikin mereka lebih senang karena bisa berkumpul dan melakukan kontak sosial guna mendapatkan dukungan.



Menurut Vera, kontak sosial yang baik ini bisa memicu timbulnya hormon oksitosin yang bisa meminimalisasi efek hormon stres atau kortisol. Hal ini menunjukkan bahwa bersosialisasi dan berkomunitas, terlebih di kalangan perempuan, baik untuk kesehatan.

"Dukungan keluarga dan komunitas yang kuat niscaya dapat mengurangi risiko gangguan mental pasca-melahirkan," sambung Vera.

Pembentukan Orami Birth ClubPembentukan Orami Birth Club/ Foto: dok. Orami


Memahami pentingnya komunitas untuk para ibu ini, akhirnya dibentuklah Orami Birth Club. Ini adalah komunitas yang bisa mewadahi ibu-ibu yang melahirkan di tahun yang sama. Ini akan menjadi agenda tahunan dan 2017 ini merupakan awal kegiatan tersebut.

"Kami mempersembahkan sebuah komunitas yang kami harap dapat menjadi rumah kedua bagi para moms di Indonesia, Orami Birth Club. Ketika perempuan menjadi seorang mom untuk pertama kali, mereka biasanya bingung, memiliki banyak pertanyaan dan kadang malu untuk bertanya," kata Ferry Tenka, CEO Orami, di acara yang sama.


Wiliyanti Sung, Marketing Communication Manager, Orami, pun mengundang ibu-ibu untuk berbagi informasi dan saling mendukung melalui komunitas ini. Di batch pertama Orami Birth Club untuk kelahiran anak 2017, ibu-ibu bisa mendaftar pada 11-20 Desember 2017. Bagi 1.000 pendaftar pertama, berhak mendapatkan voucher belanja senilai Rp 100.000. Nggak cuma itu, 30 ibu yang beruntung juga bisa mendapatkan hadiah yang total nilainya Rp 36 juta. Pemenangnya akan diumumkan pada hari Ibu, 22 Desember 2017.


(vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi