MOM'S LIFE

Serena Williams: Komplikasi Persalinan Justru Membuatku Lebih Kuat

Radian Nyi Sukmasari 21 Jan 2018
Cerita Serena Williams tentang komplikasi persalinannya/ Foto: Instagram Cerita Serena Williams tentang komplikasi persalinannya/ Foto: Instagram
Jakarta - Saat melahirkan putri pertamanya, Alexis Olympia Ohanian, Serena Williams sempat mengalami komplikasi pasca persalinan. Tapi itu justru membuatnya merasa jadi sosok yang lebih kuat.

Kepada majalah Vogue, Serena Williams menceritakan saat melahirkan Olympia dia mengalami komplikasi berupa penyumbatan darah yang menyebabkan dia mengalami emboli paru. Gara-gara komplikasi ini, Serena bahkan harus bedrest selama 6 minggu setelah bersalin, Bun.

Di halaman Facebook-nya, Serena bilang ceritanya soal komplikasi persalinan ternyata bisa jadi bahan diskusi untuk para wanita, terutama wanita kulit hitam. Dia melanjutkan, data Center for Disease Control (CDC) menunjukkan wanita kulit hitam 3-4 kali lebih berisiko mengalami kematian terkait persalinan dibanding wanita kulit putih di AS.

"Kita punya banyak PR dan saya harap cerita saya bisa membuat diskusi soal ini makin terbuka. Setiap ibu, apapun ras dan latar belakangnya pasti menginginkan kehamilan dan persalinan yang sehat. Saya pribadi ingin semua ibu apapun warna kulitnya punya pengalaman terbaik saat hamil dan melahirkan," tulis Serena Williams.

Dia menambahkan, pengalaman mengalami penyumbatan darah di paru sampai akhirnya harus menjalani operasi caesar darurat memang nggak menyenangkan. Tapi, menurut Serena Williams itulah pengalamannya dan dia dengan senang hati menerima itu.



"Pengalaman ini membuatku lebih kuat dan menghargai wanita, baik yang punya anak atau nggak. Kita amat powerful kawan!" tambah Serena.

Istri Alexis Ohanian ini juga berterima kasih kepada para wanita yang sudah mau berbagi pengalamannya saat melahirkan. Dengan begini, kata Serena Williams para wanita bisa saling bantu, Bun.

"Kita bisa membantu sesama. Suara kita adalah kekuatan kita," tegas Serena.

Kalau Bunda, punya pengalaman apa saat berjuang melahirkan si kecil? Yuk bagikan pengalaman Bunda. Seperti kata Serena Williams, suara kita, para ibu, adalah kekuatan kita nih, Bun.


(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi