MOM'S LIFE

Sebagai Ibu Millenial, Mungkin Kesalahan Ini Sering Kita Lakukan

Amelia Sewaka 14 Apr 2018
Sebagai Ibu Millenial, Mungkin Kesalahan Ini Sering Kita Lakukan/ Foto: Thinkstock Sebagai Ibu Millenial, Mungkin Kesalahan Ini Sering Kita Lakukan/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Sebagai salah satu ibu millenial, menurut Bunda, apa sih kesalahan yang tanpa sengaja sering kita lakukan? Atau justru kita nggak nggak sadar yang kita lakukan itu sebenarnya suatu kesalahan?

Psikolog dari Tiga Generasi, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, kesalahan yang sering dilakukan ibu baru, khususnya millenial mom, adalah menganggap dirinya bisa melakukan segala hal. Jadi semuanya dikerjakan sendiri, padahal dampaknya nggak bagus juga untuk dirinya sendiri.

"Karena zaman sekarang semua serba mudah dan serba ada, jadi kadang para ibu ini menganggap 'saya pasti bisa melakukan semuanya'. Padahal ibu juga butuh lho support system," kata Vera ditengah acara Mothercare 'Senangnya Jadi Ibu', di XXI Lounge, The Djakarta Theater, Thamrin Jakarta Pusat, baru-baru ini.



Para ibu baru ini dikatakan Vera sering kali 'too hard to herself'. Karena keras pada diri sendiri, pastinya bakal stres minta ampun. Ya, karena merasa apa-apa 'harus' bisa melakukan sendiri, semua berusaha sendiri, berusaha untuk sempurna.

"Calon ibu baru ini lupa bahwa bukan jadi ibu yang perfect yang penting, tapi ibu yang baik untuk anak itu udah cukup kok," tambah Vera.

Ketika kenyataan tidak sesuai sama rencana, wah, kecewa sama diri dan sekitarnya bakal luar biasa tuh. Misal, ketika mau lahiran udah siap mau lahiran di mana dan kayak apa tapi berhubung udah mules duluan dan bukaan lengkap ya mau dikata apa. Nggak mungkin si baby kita tahan-tahan untuk nggak keluar kan, Bun?

"Semua calon ibu harus siap dengan kemungkinan terburuk. Ini penting banget, kenapa? Untuk kesejahteraan mental sang ibu, apalagi after lahiran dan seterusnya," tutur Vera.

Belum nanti ketika punya anak, si ibu ini akan lebih sibuk, kurang tidur, menghadapi berbagai permasalahan seperti ASI nggak keluar, anak nggak mau makan dan lain sebagainya. Kalau ibu ini nggak siap, maka menurut Vera, kesejahteraan mentalnyalah yang akan kena dampaknya.

"Makanya ada kan yang namanya baby blues, post partum depression, dan lainnya. Ya itu karena mental si ibu nggak siap," kata Vera.

Karena itu, penting banget nih dalam keadaan begini ada support system untuk si ibu yaitu suami dan keluarga terdekat.



"Kalau millenial moms pasti support system-nya lebih banyak lagi, sekarang kan banyak tuh beredar komunitas-komunitas yang bahkan si ibu bisa bergantung sebelum ia lahiran," tutur Vera.

Support system ini juga yang bisa jadi penyemangat terkuat untuk ibu ketika mereka merasa down. Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak ibu pun bisa merasa dirinya lebih berharga. (aml/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi